Jangan Lakukan Ini saat Lelah!

May 29, 2019 | Claudia

Apakah kelopak mata Anda mulai sering menutup saat Anda bekerja atau apakah Anda merasa lesu sepanjang waktu? Semua ini dapat terjadi ketika tubuh Anda lelah. Apakah Anda merasa sangat mengantuk di siang hari atau kesulitan tidur di malam hari? Gejala kelelahan ini bisa menjadi peringatan dini untuk sejumlah masalah kesehatan.

Siklus tidur tubuh membutuhkan konsistensi dan jika Anda lelah secara fisik dan mental, ini dapat menyebabkan sejumlah masalah seperti gangguan tidur. Gangguan tidur yang terus terjadi akan semakin membuat tubuh Anda lelah.

Jika hal ini terjadi, maka ini merupakan sebuah bencana untuk semua fungsi tubuh seperti pelepasan hormon, suhu tubuh, kekebalan dan kontrol berat badan. Jika terus dibiarkan maka akan menyebabkan hilangnya energi, turunnya konsentrasi, memori yang buruk dan perubahan mood yang buruk.

Anda perlu melakukan beberapa perubahan gaya hidup, mengurangi kafein dan alkohol, makan lebih banyak makanan sehat dan sering berolahraga. Namun terlepas dari ini, ada hal-hal tertentu yang tidak boleh Anda lakukan ketika Anda lelah, apa saja?

Jangan terlalu banyak minum kopi!

Terlalu banyak minum kopi dalam sehari hanya akan membuat Anda merasa lelah dan memperburuk kondisi tubuh Anda. Ini menyebabkan kerusakan pada tubuh dan menurunkan energi secara drastis. Ketika Anda minum kopi, kafein tetap berada di perut hingga lima jam, jadi jika Anda minum kopi lagi dalam lima jam itu, maka ini akan berdampak pada kemampuan Anda untuk tidur di malam hari.

Jangan tidur siang terlalu lama

YesDok Ads

Tidur siang selama berjam-jam lebih lama bukan ide yang baik karena tidur terlalu lama di siang hari dapat membuat Anda sulit tidur di malam hari. Ini akan membuat Anda merasa lelah keesokan harinya. Anda dapat tidur siang selama 20 hingga 30 menit dalam sehari tetapi tidak lebih dari itu. Ini akan membuat Anda tetap segar dan aktif.

Jangan makan junk food

Saat tubuh Anda lelah, Anda cenderung memilih makanan berlemak dan tinggi kalori. Ini tentu tidak sehat dan dapat menyebabkan penambahan berat badan. Jika Anda ingin memesan makanan cepat saji, pilihlah makanan yang sehat dan lezat, jangan junk food. Makanan yang sehat akan menjaga keseimbangan gizi dalam tubuh dan membuat Anda tetap aktif.

Jangan terlalu sering mengakses media sosial

Saat ini, seluruh informasi dunia ada di media sosial dan banyak orang yang sudah terjerat dalam candu media sosial. Tapi, Anda bisa keluar dari media sosial untuk sementara waktu ketika Anda lelah. Jika Anda menggunakan media sosial saat Anda lelah baik secara fisik maupun mental, ini akan membuat Anda terjaga lebih lama, karena cahaya yang berasal dari telepon dapat memengaruhi otak, membuat Anda tidak ingin tidur.

(Foto: hervolution.org)

YesDok Ads