Jangan Lakukan Ini dengan Jerawat Anda!

January 28, 2021 | Claudia

Jerawat

Saat berhadapan dengan masalah jerawat, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan, agar tak menyebabkan masalah jerawat menjadi kian parah. Setiap jerawat di wajah memiliki jumlah bakteri tertentu, yang harus ditangani dengan hati-hati. Kebiasaan menyentuh bahkan memencet jerawat jelas tidak disarankan.

Selain menyentuh jerawat, membiarkan rambut menyentuh area wajah juga tidak disarankan. Minyak pada rambut dapat membawa bakteri, yang kemudian menginfeksi kulit dan menyebabkan jerawat. Mencoba berbagai macam produk untuk menghilangkan jerawat juga tidak disarankan, sebab akan membuat jerawat bertambah parah.

Berikut ini merupakan ulasan mengenai berbagai hal yang tidak boleh Anda lakukan pada jerawat:

Jangan menyentuh jerawat

Jika wajah Anda tengah berjerawat, maka cobalah untuk tidak menyentuhnya. Ada banyak bakteri yang mungkin berada di tangan Anda, dan bakteri-bakteri ini dapat berpindah ke wajah ketika Anda menyentuhnya. Ini akan membuat kondisi jerawat menjadi bertambah parah dan bahkan akan tumbuh lebih banyak jerawat.

Jangan memencet jerawat

Kebiasaan memencet jerawat tak hanya akan menyebabkan jerawat menjadi semakin parah, namun juga meninggalkan bekas yang akan merusak kulit wajah Anda.

YesDok Ads

Jangan gunakan scrub

Saat kulit wajah tengah berjerawat, menggunakan scrub hanya akan membuat kondisinya bertambah parah. Ini akan merusak lapisan atas kulit dan meninggalkan bekas luka. Tunggulah sampai jerawat benar-benar pergi dari wajah Anda untuk melakukan eksfoliasi kulit dengan scrub.

Hindari makanan berminyak

Makanan berminyak sangat tidak dianjurkan bagi Anda yang tengah berjerawat, atau memiliki kulit yang cenderung berjerawat. Konsumsi makanan berminyak hanya akan membuat kondisi jerawat semakin parah.

Memijat dengan minyak

Menggunakan face oil merupakan hal yang tidak perlu dilakukan saat kulit tengah berjerawat. Minyak dari face oil dapat terjebak di pori-pori kulit dan membuat kulit semakin berjerawat.

YesDok Ads