Jangan Lakukan Hal Ini Saat Menstruasi, Bahaya!

March 01, 2020 | Aqiyu

Haid

Menstruasi merupakan siklus bulanan yang terjadi pada wanita, dimana tubuh mengeluarkan darah kotor. Menstruasi yang terjadi kerap kali disertai dengan beberapa keluhan lainnya, seperti nyeri pada punggung dan perut, kram perut hingga sakit kepala.

Saat menstruasi berbagai respons tubuh dapat terjadi hingga memengaruhi pada kesehatan. Ada pula hal yang tidak boleh dilakukan saat menstruasi. Berikut kebiasaan yang harus dihindari saat menstruasi:

Telat makan

Usahakan makan tepat waktu saat menstruasi. Karena telat makan saat menstruasi akan memperburuk kondisi perut dan membuat tidak nyaman. Apalagi jika Anda memiliki aktivitas yang padat, tentu Anda memerlukan pasokan energi yang banyak. Pada orang normal saja, telat makan sangat tidak dianjurkan, begitu pun pada wanita menstruasi yang kerap dilanda berbagai keluhan.

Mengonsumsi junk food

Hindari mengonsumsi junk food dan makan dengan kadar garam yang tinggi selama menstruasi berlangsung. Makanan asin bisa membuat perut semakin tidak nyaman dan kembung. Terlebih mmakanan asin berkontribusi oada retensi air di organ pencernaan.

Minum minuman bersoda

YesDok Ads

Jangan mengonsunsi minuma bersoda saat menstruasi karena dikhawatirkan kandungan pada minuman ini membuat ads sisa darah yang tertinggal di rahim dan berisiko memicu kanker dan kista.

Waxing

Saat menstruasi tunda dulu kegiatan waxing atau mencabut bulu dari kulit. Karena saat menstruasi kulit menjadi lebih sensitif dan bila melakukan waxing maka Anda akan merasakan nyeri yang luar biasa pada kulit. Rasa sensitif ini timbul disebabkan oleh penurunan kadar hormon estrogen dan progesteron.

Begadang

Beristirahatlah secukupnya jangan begadang apalagi kurang tidur saat menstruasi. Kurang tidur bisa menimbulkan stres dan meningkatkan hormon kortisol. Dimana bila terjadi ketidakseimbangan hormon ini akan memperburuk rasa nyeri saat haid.  

(Foto: pandia health)

YesDok Ads