0 Point
Infeksi Sinus

Jangan Konsumsi Ini Jika Sedang Infeksi Sinus!

Infeksi sinus memiliki beberapa gejala umum, yakni nodul yang bengkak, hidung tersumbat, dan sakit kepala. Infeksi sinus sering terjadi pada orang-orang yang rentan pilek. Sementara pilek merupakan salah satu infeksi virus yang paling umum menyerang manusia. Untuk mencegah pilek, diperlukan sistem kekebalan yang kuat. Ini harus dimulai dari gaya hidup sehat dan kebiasaan makan yang sehat.

Infeksi sinus disebabkan oleh virus, dan ini adalah akibat dari pilek yang memburuk. Gejala-gejala infeksi sinus mirip dengan pilek, sehingga banyak orang salah mengartikannya. 

Munculnya lendir kekuningan yang berbau busuk, hidung tersumbat, sakit kepala, nyeri di sekitar mata dan rahang atas serta demam merupakan gejala infeksi sinus. Berbeda dengan pilek yang bisa sembuh dengan sendirinya, infeksi sinus harus ditangani dengan serius.

Saat infeksi sinus terjadi, ada beberapa makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari, seperti:

Makanan atau minuman dingin

Konsumsi makanan dan minuman dingin bisa menyebabkan rasa sakit yang tajam di tulang pipi dan kepala. Rasa sakit ini mungkin memang tidak berlangsung lama, tapi saat tengah menyerang, ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan. Tak hanya itu, mengonsumsi makanan dan minuman dingin juga dapat menyebabkan penebalan lendir.

Kafein

Minuman berkafein bisa menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi merupakan hal yang buruk bagi Anda yang tengah mengalami gejala hidung tersumbat. Saat hidung tersumbat terjadi, ini menyebabkan ketidaknyamanan dan kesulitan bernapas.

Makanan pedas

Makanan pedas bisa menyebabkan efek buruk pada penderita infeksi sinus, namun bisa juga tidak. Dalam beberapa kasus, makanan pedas dapat menyebabkan hidung berlendir, dan di beberapa kasus lainnya, makanan pedas bisa memperburuk masalah yang ada. Perhatikanlah setiap kali Anda makan makanan pedas, jika setelahnya terjadi reaksi yang tidak baik, maka sebaiknya Anda menghindari konsumsi makanan pedas.

Susu

Susu dan produk turunan susu lainnya sebaiknya dihindari jika Anda memiliki infeksi sinus. Peran produk susu yang berhubungan dengan dahak masih diperdebatkan, apakah mengonsumsinya dapat menyebabkan pembentukan dahak, atau penebalan dari dahak yang sudah ada? Satu hal yang pasti, konsumsi produk susu berlebih bisa memberikan efek yang merugikan pada seseorang yang memiliki infeksi sinus.

(Foto: medicalnewstoday.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok