Jangan Duduk Saja, Ini Manfaat Jalan Kaki Setelah Makan

August 24, 2022 | Claudia

Manfaat Jalan Kaki Setelah Makan

Apa yang Anda lakukan setelah makan? Apakah duduk-duduk saja, langsung berdiri dan berjalan-jalan, atau malah tiduran? Tahukah Anda, bahwa setelah makan, Anda disarankan untuk tidak tiduran? Ini bisa menyebabkan asam lambung mengalir ke kerongkongan dan menyebabkan masalah. Sebaliknya, Anda bisa mendapatkan manfaat jalan kaki setelah makan.

Manfaat jalan kaki singkat setelah makan bisa membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Anda bisa berjalan kaki segera setelah menghabiskan makanan di piring Anda. Ini karena pada waktu-waktu sesaat setelah selesai makan, tubu masih bekerja mencerna makanan, sehingga langsung berjalan kaki akan meningkatkan proses pencernaan dan juga mengendalikan gula darah.

Jika Anda hanya punya sedikit waktu, cukup berjalan kaki selama 5–10 menit setelah makan. Rutin melakukan kebiasaan ini bisa memberikan manfaat untuk pencernaan, dan bahkan mencegah Anda dari efek sakit perut akibat makan berlebihan.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat jalan kaki setelah makan jika Anda rutin melakukannya:

Melancarkan pencernaan

Manfaat jalan kaki setelah makan yang pertama adalah, pencernaan akan jadi lebih lancar. Gerakan yang terjadi selama berjalan dapat mendorong stimulasi lambung dan usus, sehingga membuat makanan bergerak lebih cepat.

Melakukan aktivitas fisik dengan intensitas rendah seperti jalan kaki setelah makan, bisa memberikan efek perlindungan pada saluran gastrointestinal. Ini membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan, seperti sembelit, tukak lambung, mulas, sindrom iritasi usus besar, hingga kanker kolorektal.

Melancarkan metabolisme

Manfaat jalan kaki setelah makan selanjutnya adalah, meningkatkan proses metabolisme. Saat berjalan, tubuh akan membakar lebih banyak kalori, sehingga jumlah kalori yang masuk dan kalori yang terbakar akan seimbang. Saat metabolisme tubuh meningkat, tubuh akan memiliki lebih banyak energi.

Selain meningkatkan energi akibat metabolisme yang lancar, jalan kaki setelah makan juga bermanfaat mengeluarkan racun dari sistem tubuh, sehingga setiap organ dalam tubuh akan berfungsi lebih baik dan kekebalan tubuh akan meningkat.

YesDok Ads

Mengendalikan kadar gula darah

Penderita diabetes juga akan merasakan manfaat jalan kaki setelah makan. Segera jalan kaki setelah menghabiskan makanan bisa mencegah lonjakan gula darah yang berlebihan.

Biasanya, kadar gula darah atau glukosa akan memuncak 30 menit setelah selesai makan. Berjalan kaki pada waktu-waktu ini, bisa membantu tubuh lebih mudah mengontrol kadar gula darah. Hal ini bisa menghindari penderita diabetes dari risiko hiperglikemia.

Membantu penurunan berat badan

Siapa yang sedang bermasalah dengan kelebihan berat badan dan ingin menurunkannya? Manfaat jalan kaki setelah makan salah satunya yakni juga mendukung penurunan berat badan. Berjalan kaki segera setelah makan akan membantu pembakaran kalori secara efisien. Jika ini konsisten dilakukan setiap habis makan, maka Anda bisa menurunkan berat badan dengan lebih optimal.

Selain pembakaran kalori, manfaat jalan kaki setelah makan juga membantu tubuh merasa lebih kenyang, sehingga menghindari Anda dari makan berlebihan.

Melancarkan sirkulasi darah

Jalan kaki setelah makan juga bisa melancarkan sirkulasi darah. Ini karena saat berjalan, jantung akan memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh. Saat sirkulasi darah lancar, maka tekanan darah juga akan lebih terkendali.

Rutin berjalan kaki juga bisa mendorong aliran darah ke seluruh organ tubuh, sehingga oksigen tersalurkan dengan lancar. Sirkulasi darah yang sehat sangat bermanfaat bagi tulang, otot, dan seluruh organ tubuh untuk bisa berfungsi lebih optimal.

(Foto: teladoc.com)

YesDok Ads