0 Point
Camilan sehat

Jangan Asal Pilih, Ini Cara Pilih Camilan Sehat Anak

Siapa yang suka banget lihat anaknya ngemil? Kemungkinan banyak orang tua yang senang melihat anaknya doyan makan camilan. Meski bukan makanan utama, camilan dapat membantu memenuhi asupan harian yang dibutuhkan si kecil.

Melansir IDAI, pada umumnya batita memiliki kapasitas makan yang terbatas sehingga berisiko tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup bila hanya mengandalkan jam makan utama yakni tiga kali sehari. Untuk itu, para orang tua dapat memberikan camilan sehat.

Biasanya, camilan diberikan antara sarapan dan makan siang serta antara makan siang dan malam. Meski hanya camilan, para orang tua tidak boleh asal dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi si kecil. Studi di Amerika menunjukkan bahwa 86% batita mengonsumsi satu jenis camilan yang tidak bergizi dalam sehari berupa snack asin atau manis, minuman manis dan permen.

Berikut tips memilih camilan sehat untuk anak:

  • Berikan camilan yang bergizi. Artinya, camilan tersebut mengandung karbohidrat, protein dan lemak seimbang. Namun pemberiannya tidak sebanyak porsi makanan utama.

  • Pastikan kandungan camilan terbuat dari bahan yang aman atau tidak akan mengandung bahan yang menimbulkan masalah kesehatan pada si kecil.

  • Untuk memastikan camilan yang dikonsumsi si kecil higienis, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

  • Perhatikan kandungan kalori camilan, hal ini untuk mengontrol asupan bagi si kecil yang memiliki berat badan berlebih.

  • Hindari memberikan minuman manis seperti minuman teh manis, susu kental manis, minuman bersoda dan jus buah dengan tambahan gula.

Memberikan camilan bukan semata-mata untuk menyenangkan anak. Sehingga orang tua memilih camilan yang enak saja tanpa memikirkan kandungannya. Peran orang tua sangat penting dalam menentukan makanan yang dikonsumsi oleh anak.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok