Jangan Asal Pencet Jerawat di Bagian Wajah Ini, Bisa Berbahaya

January 06, 2022 | Helmi

jerawat

Dr. Corey L. Hartman, seorang dokter kulit memperingatkan untuk tidak memencet jerawat di area kulit yang dimulai di tengah alis Anda, termasuk hidung Anda, dan berakhir di bibir atas Anda. 

“Anda dapat mengidentifikasinya dengan membuat segitiga dengan tangan Anda dan menyentuh ujung yang dibentuk oleh jari telunjuk Anda ke tengah alis Anda dan sudut bawah ke sudut mulut Anda,” menurut dokter kulit Dr. Corey.

Hartman mengatakan kepada bahwa orang harus berhati-hati saat merawat jerawat di area ini karena dapat menyebabkan infeksi serius dan bahkan kematian.

"Secara teoritis, itu dapat menyebabkan meningitis dan infeksi lain pada sistem saraf pusat karena letaknya yang dekat dengan otak," kata Hartman.

Tetapi apa yang membuat memencet jerawat di bagian wajah jauh lebih berisiko berkaitan dengan lokasinya?

"Area wajah yang menghubungkan hidung ke sudut mulut dianggap sebagai area wajah yang sangat berbahaya karena kedekatannya dengan otak," jelas Dr. Joshua Zeichner, dokter kulit di Mount Sinai di New York, kepada Kesehatan.

YesDok Ads

Area di bawah segitiga berisi sinus utama yang terhubung ke otak. Memencet jerawat di atas sinus ini dapat membuat reaksi berantai infeksi yang mengarah ke otak, kata Hartman.

Hartman mengatakan semakin dalam jerawat dan semakin terinfeksi, semakin besar kemungkinan menyebabkan infeksi parah atau kematian, meskipun kematian masih jarang terjadi.

Alih-alih memencet jerawat, gunakan benzoil peroksida dan retinoid untuk mencegah jerawat di lokasi wajah tersebut.

Hartman merekomendasikan untuk menggunakan tindakan pencegahan, seperti rutinitas perawatan kulit yang mencakup bahan-bahan pelawan jerawat seperti benzoil peroksida, asam hidroksi, dan retinoid.

Jika jerawat terus berlanjut, tahan keinginan untuk memencetnya. Sebaliknya, carilah masukan dari ahli.

YesDok Ads