Jalan Bertelanjang Kaki, Ini Deretan Manfaatnya

April 11, 2019 | Dina

Sandal dan sepatu, adalah alas kaki yang hampir semua orang gunakan sebagai alas berjalan kaki. Namun, tahukah Anda? Terdapat deretan manfaat kesehatan yang Anda dapatkan, bila Anda sering berjalan dengan kaki telanjang.

Apa saja manfaatnya, yuk coba intip di bawah ini:

Olahraga paling ringan

Berjalan kaki tanpa alas merupakan jenis olahraga yang juga tidak mengenal usia. Setiap orang dapat melakukannya, bahkan lansia sekalipun. Jalan kaki tanpa alas ini dapat memiliki manfaat maksimal jika dilakukan di permukaan yang tidak rata. Jika anda melakukannya di lantai keramik atau ubin, maka manfaatnya hanya seperti olahraga jalan kaki biasanya saja.

Saat berjalan di permukaan yang tidak rata, Anda akan menggunakan otot tambahan di kaki dan tungkai untuk membantu menyeimbangkan tubuh dan mengirim pesan ke otak Anda. Dengan menggunakan otot tambahan, sama halnya dengan olahraga, sirkulasi darah untuk kaki akan meningkat.

Meminimalkan peradangan tubuh

Berjalan tanpa alas kaki dapat membantu meminimalkan peradangan dalam tubuh Anda. Beberapa penelitian mengatakan bahwa kaki dapat menikmati efek antioksidan ketika kaki terpapar bumi dan ini dapat membantu mencegah terjadinya radikal bebas dalam tubuh.

Mengatasi Insomnia

Jika Anda seringkali mengalami insomnia, cobalah untuk berjalan tanpa alas pagi tiap apagi hari. Hal ini dapat meminimalkan tingkat kortisoldan dapat meningkatkan tidur Anda. Anda juga dapat mencoba tidur di lantai untuk mendapatkan efek yang sama.

YesDok Ads

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung atau gangguan sistem kardiovaskuler lainnya sering menjangkiti masyarakat saat ini. Alasan dibalik munculnya penyakit jantung ini adalah kebiasaan hidup yang kurang sehat dan kurangnya seseorang melakukan olahraga.

Padahal salah satu olahraga yang dapat mencegah penyakit jantung adalah sederhana seperti jalan kaki tanpa alas. Berjalan kaki tanpa alasan dapat meningkatkan fungsi jantung dan memperbaiki kerja organnya. Penyakit jantung seperti jantung koroner, stroke, dan gagal jantung pn dapat segera dicegah.

Menjaga Kadar Hormon saat Haid

Kondisi hormon selama sedang haid atau menstruasi biasanya sulit sekali dijaga. Hal ini sering kemudian menimbulkan nyeri, sakit, dan pegal-pegal yang dapat mengganggu aktifitas. Saat anda sedang haid atau menstruasi lakukanlah jalan kaki tanpa alas selama beberapa menit. Hal ini dapat membantu tubuh mengontrol kadar hormon Anda dan mengurangi keluhan selama sedang menstruaasi.

Menjaga Kesehatan Tulang

Jika Anda memiliki tulang yang kuat, maka aktifitas anda sehari-hari pun dapat lebih terjaga. Anda dapat lebih maksimal bergerak dan tidak terbatas dalam melakukan berbagai aktifitas fisik yang membutuhkan tulang yang kuat. Salah satu car menjaga kesehatan tulang adalah dengan berolahraga dan olahraga sederhana sekalipun banyak manfaatnya untuk kesehatan tulang anda. Olahraga jalan kaki tanpa alas adalah salah satu olahraga yang mampu menjaga kesehatan tulang Anda.

sumber foto: Pexels

YesDok Ads

Related Tags