Jaga Memori dan Otak Tetap Prima, Lakukan Kebiasaan Ini

January 29, 2022 | Claudia

Memori

Saat usia bertambah, masalah pada memori bisa menjadi sesuatu yang mengancam. Tak jarang, banyak lansia di atas usia 70 tahun memiliki masalah dengan memori dan fungsi otak mereka.

Fungsi otak pada lansia memburuk, karena kondisi sel-sel otak juga mulai menurun seiring bertambahnya usia. Namun, dengan memertahankan gaya hidup sehat sedari usia muda, proses degenerasi otak bisa melambat, dan fungsi otak bisa tetap aktif untuk waktu yang lebih lama.

Jika Anda tak mau memiliki masalah memori dan fungsi otak di hari tua, maka cobalah lakukan hal-hal ini selagi muda:

Jalani hobi

Menurut penelitian, melakukan hobi kreatif yang Anda sukai, seperti melukis, bernyanyi, menari, dan lain-lain, dapat membantu menjaga sel-sel otak tetap aktif untuk waktu yang lebih lama. Ketika kita memiliki hobi, kita bekerja keras untuk mengembangkan keterampilan kita dalam bidang tersebut, dan proses ini dapat membuat otak terus aktif dan lebih tajam untuk waktu yang lama. Jadi, memiliki hobi adalah cara yang menyenangkan untuk menjaga sel-sel otak tetap sehat!

Makan yang sehat

YesDok Ads

Agar tubuh dan otak tetap sehat, maka konsumsi makanan yang bernutrisi tinggi sangat disarankan. Diet sehat dapat mencegah dan mengobati sejumlah penyakit, bahkan jika menyangkut tentang kesehatan otak. Mengonsumsi makanan bergizi dapat menjaga sel-sel otak tetap sehat dan aktif untuk waktu yang lebih lama.

Lakukan latihan untuk otak

Tak hanya tubuh, otak pun memiliki latihan-latihan tertentu yang dapat membantu menjaga otak tetap aktif dan berfungsi dengan baik, bahkan seiring bertambahnya usia. Memecahkan teka-teki, memainkan sudoku, permainan untuk memori, teka-teki silang, catur, dan aktivitas merangsang otak lainnya secara teratur dapat membantu mencegah degenerasi sel otak.

Jaga kadar kolesterol

Kadar kolesterol tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan efek kesehatan yang merugikan. Salah satu akibat dari kadar kolesterol yang tinggi adalah degenerasi dini sel-sel otak. Jadi, pertahankan kadar kolesterol yang sehat untuk menjaga otak Anda tetap sehat dan aktif, bahkan seiring bertambahnya usia.

(Foto: assistedvillas.com)

YesDok Ads