Jaga Kesehatan Usus Bantu Anda Tetap Sehat Seiring Bertambahnya Usia

November 12, 2019 | Helmi

Terus tumbuh dan menua adalah hal yang luar biasa terjadi pada tubuh kita. Sayangnya proses ini justru dibarengi dengan anggota tubuh yang juga menjadi lemah seiring bertambahnya usia.

Meski demikian, sebenarnya Anda tetap bisa memperlambat proses ini. Salah satu caranya adalah dengan menjaga mikrobioma usus kita. Faktanya, ketika menyangkut kesehatan manusia, ia menjadi prioritas utama karena tidak seperti sendi dan refleks kita, mikroba tidak kehilangan fungsi seiring bertambahnya usia. 

Faktanya, sekitar 70 persen dari seluruh sistem kekebalan tubuh kita terletak di usus, yang berarti bahwa ada komunikasi yang konstan antara usus dan sistem kekebalan tubuh kita.

Pertimbangkan suplemen probiotik atau prebiotik yang diminum setiap hari untuk membantu mendukung usus Anda. Dengan mengonsumsi suplemen semacam ini bisa membantu menyehatkan usus Anda.

YesDok Ads

Kurangi mengonsumsi jumlah protein hewani yang berlebihan, lemak jenuh dan makanan olahan yang sangat tidak sehat. Sebaliknya, pilihlah pola makan nabati yang lebih banyak dengan fokus pada serat dan nutrisi tinggi, yang semuanya tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan usus, tetapi juga seluruh tubuh Anda.

Hati-hati dengan antibiotik. Anda tidak harus menggunakannya jika tidak perlu, jadi pastikan Anda bertanya kepada pakar kesehatan sebelum mengonsumsinya.

Bergerak lebih banyak. Pola makan yang sehat akan lebih maksimal jika dipasangkan dengan olahraga yang konsisten dan berkelanjutan. Pastinya ini akan membuat tubuh Anda lebih bugar dan sehat.

(Foto: medical daily)

YesDok Ads