Jaga Kesehatan Saraf Anda, Hati-Hati dengan Neuropati

December 04, 2022 | Iman

Neuropati

Neuropati adalah sejenis nyeri yang disebabkan oleh kerusakan saraf atau gangguan pada sistem saraf tepi. Nyeri neuropatik biasanya terasa seperti terbakar, kesemutan, ada rasa tajam, atau menusuk di area tertentu bagian tubuh.

Orang bisa merasakan sakit sepanjang waktu, atau bisa juga rasa sakit itu datang dan pergi. Nyeri neuropatik biasanya akan lebih buruk saat seseorang beristirahat dan pada malam hari. Terkadang, ada juga orang yang merasa sangat kesakitan padahal hanya disentuh dengan lembut.

Neuropati bisa juga mengirim sinyal rasa sakit padahal tidak ada yang menyebabkan rasa sakit. Begitu juga sebaliknya, bisa saja orang tersebut tidak merasakan sakit, padahal ada sesuatu yang menyakiti tubuh.

Penyebab Kerusakan Saraf Neuropati

Seseorang yang mengalami gangguan saraf Neuropati bisa dipicu karena beberapa hal. Dikutip dari data statistik (ClevelandClinic), Neuropati lebih beresiko menyerang:

YesDok Ads

  • Penderita diabetes (60%-70%).
  • Orang yang menerima kemoterapi untuk mengobati kanker (30%-40%).
  • Orang yang dengan HIV (30%).

Terapkan Gaya Hidup Sehat Untuk Saraf Sehat

Anda dapat mengurangi risiko neuropati dengan mengobati masalah medis yang ada dan menerapkan kebiasaan hidup sehat. Berikut beberapa tipsnya:

  • Kelola diabetes: Jika Anda menderita diabetes, jaga kadar glukosa darah Anda dalam kisaran yang direkomendasikan oleh dokter Anda.
  • Menjaga kesehatan kaki: Jika Anda menderita diabetes atau aliran darah yang buruk, penting untuk memeriksa kaki Anda setiap hari. Cari luka, lecet, kemerahan, kapalan, atau kulit kering atau pecah-pecah. Jaga agar kuku kaki Anda tidak panjang; oleskan lotion ke kaki yang bersih dan kering; dan memakai sepatu tertutup yang pas. Lindungi kaki Anda dari panas dan dingin. Jangan berjalan tanpa alas kaki.
  • Berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol: Merokok menyempitkan pembuluh darah yang memasok nutrisi ke saraf. Dan alkohol dapat memperparah kerusakan saraf.
  • Pertahankan gaya hidup sehat: Makan makanan dengan gizi seimbang, tetap dalam kisaran berat badan ideal Anda dan lakukan olahraga beberapa kali seminggu. Tips hidup sehat ini menjaga otot Anda kuat dan saraf Anda bisa mendapat oksigen dan nutrisi yang mereka butuhkan untuk tetap sehat.
  • Konsultasikan obat dengan dokter yang merawat: Bicarakan dengan dokter Anda tentang semua obat yang Anda konsumsi. Tanyakan apakah ada yang diketahui menyebabkan atau memperburuk neuropati. Jika demikian, tanyakan apakah obat lain dapat dicoba.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(foto: cleveland clinic)

YesDok Ads