Jaga Kesehatan Paru Dengan Olahraga Zumba

November 28, 2021 | Iman

Olahraga zumba

Risiko kanker paru semakin meningkat akibat kurang olahraga dan paparan faktor eksternal seperti kualitas udara dan lingkungan.

Berdasarkan Global Burden of Cancer Study, kasus baru dan kematian akibat kanker di Indonesia pada tahun 2018 dan 2020 meningkat hingga 8,8%. Jumlah penderita kanker paru meningkat dari 30.023 pada tahun 2018, menjadi 34.783 pada tahun 2020. Sedangkan angka kematian akibat kanker paru juga meningkat dari 26.069 pada tahun 2018, menjadi 30.843 pada tahun 2020.

Kanker paru adalah jenis kanker yang paling umum diderita oleh pasien Indonesia setelah kanker payudara dan kanker serviks. Kematian disebabkan oleh kanker ini meningkat hingga 18% pada tahun 2020, dan risikonya menjadi lebih besar karena COVID-19. Menurut World Health Organization (WHO), penyakit ini juga disebabkan oleh kerusakan gen dalam tubuh.

Menurut Dokter Spesialis Paru, dr. Hasto Nugroho, Sp.P(K), FISR, MKM, Penyebab  kanker paru adalah kualitas udara yang dihirup setiap hari. 

“Hampir 80% kasus kanker paru berhubungan dengan rokok, sehingga langkah preventif untuk menghindari penyakit ini adalah dengan mengurangi paparan asap rokok dan bahan-bahan berbahaya seperti asap pabrik, bau cat, bensin,” papar dr Hasto. 

YesDok Ads

Ia menjelaskan Secara fisiologis, fungsi paru mulai menurun saat seseorang  menginjak usia 40 tahun. Penting sekali untuk menjalani pola hidup sehat agar dapat mempertahankan kesehatan paru dan terhindar dari berbagai gangguan pernapasan. 

Hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, tidak merokok, dan rutin berolahraga minimal dua kali seminggu.

“Olahraga aerobik seperti Zumba cukup baik untuk menjaga kesehatan paru. Saat berolahraga, otot antara tulang rusuk akan membesar dan berkontraksi. Kemudian, kantung udara di dalam paru bekerja dengan cepat untuk menukar oksigen dengan karbon dioksida,” terang dr Hasto.

Ia menuturkan bahwa Dengan berolahraga secara rutin, kita dapat memperkuat daya tahan jantung paru sistem jantung, paru, dan pembuluh darah untuk bekerja secara optimal menyuplai oksigen saat melakukan aktivitas sehari-hari sehingga tidak mudah mengalami kelelahan.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads