Jaga Kesehatan Mental Anda dengan Cara Berikut Ini

January 05, 2020 | Helmi

kesehatan mental

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Persepsi kesehatan yang baik tidak hanya terbatas pada seberapa baik fungsi tubuh Anda tetapi juga, seberapa bahagia dan seimbangnya mental Anda.

Menurut WHO, orang dengan gangguan kesehatan mental meninggal 10 hingga 20 tahun lebih awal daripada orang normal. Bunuh diri menjadi penyebab utama kematian karena kesehatan mental yang buruk. Bahkan, ini menyebabkan kematian 1 orang dalam setiap 40 detik.

Untuk menjaga kesehatan mental Anda, kami memiliki 4 tips yang mungkin akan sangat berguna bagi Anda. Mari kita simak bersama.

Terima dan pahami kesehatan mental Anda

Banyak orang tidak mau menerima kenyataan bahwa mereka memiliki semacam gangguan mental. Langkah pertama untuk menjaga kesehatan mental Anda adalah dengan menerima fakta ini tanpa rasa takut dan memahami penyebabnya. Ini membantu dalam menemukan solusi terbaik untuk masalah kesehatan mental Anda dan menyelesaikannya sebelum terlambat.

Gangguan selalu lebih baik

Depresi sering membuat seseorang kesepian dan memutuskan hubungan mereka dari dunia. Mengalihkan pikiran Anda ke hal-hal yang Anda sukai seperti menonton film, bermain game favorit Anda atau melakukan hobi baru adalah cara terbaik untuk mengelola masalah kesehatan mental Anda.

Ini membantu menjaga pikiran Anda sibuk dan menyalurkan stres Anda di tempat lain yang memberi Anda perasaan yang berpikiran terang.

Berbagi Cerita

Cara terbaik untuk menyingkirkan masalah kesehatan mental adalah dengan terhubung ke orang-orang. Mengekspresikan dan membagikan emosi Anda kepada teman dan keluarga membantu melepaskan stres dan menenangkan pikiran. Semakin Anda berinteraksi dan berbagi masalah dengan orang lain, semakin terkisis perasaan yang telah menyiksa Anda dari dalam.

Tidur itu penting

Banyak orang begitu sibuk dengan masalah dalam hidup dan pekerjaan sehingga mereka lupa tidur. Penurunan jam tidur dapat menyebabkan suasana hati yang buruk, kurang konsentrasi dan masalah kesehatan lainnya.

Pastikan untuk memperoleh tidur nyenyak setidaknya 7 jam dalam sehari untuk mendapatkan kesehatan mental yang lebih baik.

(Foto: Huffington Post)

YesDok Ads