Diet
+1

Jaga Kesehatan Kelenjar Tiroid dengan Konsumsi Makanan Ini

October 01, 2021 | Claudia

Taoge

Kelenjar tiroid bekerja memproduksi hormon-hormon yang dibutuhkan untuk tubuh berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita menjaga kesehatan tiroid dengan baik.

Selain menerapkan gaya hidup sehat, makanan dapat menjadi faktor penunjang terjaganya kesehatan tiroid Anda. Berikut ini merupakan rekomendasi makanan yang bisa membantu menunjang kesehatan tiroid Anda, yakni:

Buah-buahan

Konsumsi buah-buahan, dapat merangsang kelenjar tiroid. Buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi sangat disarankan, seperti ceri, blueberry, stroberi, blackberry, goji berry, dan cranberry.

Sayuran

Mengonsumsi sayuran yang kaya akan kalsium dan vitamin C seperti brokoli, kembang kol, dan kangkung, sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan tiroid. Rutin mengonsumsi sayuran ini sangat penting untuk menjaga tiroid tetap sehat.

Taoge

Taoge tak hanya baik untuk kesuburan, taoge juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tiroid. Taoge memberikan energi berkelanjutan pada tubuh dan mengandung antioksidan, protein, karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral.

YesDok Ads

Tahu

Tahu adalah sumber asam amino, zat besi, kalsium, dan nutrisi mikro lainnya. Semua nutrisi ini berguna untuk menjaga kesehatan tiroid. Tahu merupakan salah satu produk kedelai yang difermentasi yang bisa menjaga kelenjar tiroid agar tetap sehat. Hindari produk kedelai olahan, karena ini bisa berbahaya bagi kesehatan tiroid Anda.

Minyak zaitun

Minyak zaitun tinggi kandungan lemak dan nutrisi sehat lainnya yang membantu meningkatkan kadar hormon tiroid. Mengolah makanan dengan minyak zaitun juga membantu menurunkan kolesterol LDL, sehingga membantu Anda mengurangi berat badan dan menjaga kesehatan jantung. Akan tetapi, jangan mengonsumsi lebih dari 10 sendok makan minyak zaitun per hari.

Madu

Efek penyembuhan dari madu dapat membantu meningkatkan kesehatan tiroid. Anda bisa mengonsumsi madu yang dicampur dengan air lemon atau menyesap teh jahe yang ditambahkan dengan beberapa sendok madu.

(Foto: culturesforhealth.com)

YesDok Ads