0 Point
Sikat Gigi

Jaga Kesehatan Gigi dan Gusi dengan Cara Ini

Kebersihan mulut yang baik diperlukan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Jika ingin mulut dan gigi Anda senantiasa bersih, maka Anda harus melakukan kebiasaan baik, seperti menyikat gigi dua kali sehari dan melakukan pemeriksaan gigi secara teratur.

Perawatan yang tepat menjadi kunci utama menjauhkan segala masalah dari gigi dan gusi Anda. Berikut ini merupakan beberapa cara terbaik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi:

Sikat gigi secara teratur dan jangan agresif

Sikat gigi adalah kebiasaan dasar yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi. Namun, menyikat gigi hanya akan efektif, jika Anda melakukannya dengan cara yang benar.

Lakukanlah gerakan melingkar kecil, dan hati-hatilah dalam menyikat setiap bagian gigi Anda. Pastikan Anda tidak terburu-buru dalam menyikat gigi Anda, sikatlah gigi selama 2-3 menit. Menyikat gigi terlalu keras atau menggunakan sikat gigi berbulu keras bisa merusak email gigi dan juga melukai gusi. Lama-kelamaan, ini bisa menyebabkan sensitivitas pada gigi dan kerusakan permanen pada gigi. Kebiasaan buruk ini bahkan bisa menyebabkan erosi gusi.

Gunakanlah sikat gigi berbulu halus, dan juga, ganti sikat gigi Anda setiap 3 bulan sekali, atau setiap kali bulu-bulu sikat gigi Anda mulai berantakan.

Flossing

Flossing dapat membantu menghilangkan plak dan bakteri dari sela-sela gigi, yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Ini juga dapat membantu mencegah bau mulut dengan menhilangkan kotoran dan makanan yang terperangkap di antara gigi.

Doronglah benang ke arah bawah dengan lembut hingga menyentuh garis gusi, lalu tarik lagi ke atas dan ulangi gerakan naik-turun ini sampai semua kotoran dan sisa-sisa makanan terangkat.

Kunjungi dokter gigi secara rutin

Para ahli kesehatan gigi menyarankan agar kita dapat mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk pemeriksaan. Selama pemeriksaan gigi rutin, dokter gigi akan memeriksa tanda-tanda visual dari gigi berlubang, penyakit gusi, kanker mulut, dan masalah kesehatan mulut lainya. Rontgen gigi kadang juga diperlukan untuk memeriksa gigi berlubang.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembersihan gigi dari karang yang bisa menyebabkan masalah pada kesehatan mulut Anda.

Berhenti merokok

Merokok dapat merusak sistem kekebalan tubuh, sehingga menyulitkan tubuh untuk menyembuhkan jaringan yang rusak, termasuk yang ada di dalam mulut. CDC meyebut, kebiasaan merokok merupakan faktor risiko dari penyakit gusi. Merokok juga dapat memengaruhi penampilan gigi dan mulut Anda. Gigi dan lidah Anda mungkin akan menguning dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

(Foto: dentasay.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok