0 Point
Gangguan Mental

Jaga Diri, Kenali dan Atasi Gangguan Mental dengan Cara Ini

Gangguan mental merupakan masalah yang tidak bisa dianggap enteng. Sama seperti penyakit lainnya, semakin cepat gangguan mental ditangani, maka semakin cepat dan tinggi pula kemungkinan pemulihannya.

Untuk mengetahui apakah Anda atau orang terdekat Anda memiliki gangguan mental yang cukup serius sehingga membutuhkan bantuan atau perawatan, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan:

Kenali gejala gangguan mental

Mengenali gejala dari gangguan mental merupakan hal yang penting. Cobalah untuk rutin memeriksakan kesehatan mental, dan jangan abai jika merasa ada sesuatu yang salah.

Jika Anda selalu merasa lesu, kurang motivasi, perubahan nafsu makan yang cepat, suasana hati yang buruk, selalu merasa cemas, dan hubungan dengan orang lain mulai terganggu, maka Anda sebaiknya segera mengonsultasikan kondisi Anda ke psikolog.

Gejala-gejala tersebut biasa terjadi pada orang depresi, namun diagnosis yang tepat sangat diperlukan, sehingga Anda pun mendapatkan perawatan yang tepat.

Lihatlah pola dari kebiasaan Anda

Pikiran-pikiran negatif memang sangat mudah untuk menguasai diri Anda. Namun, menemukan pemicu dari pikiran negatif dan pola perilaku Anda, merupakan langkah pertama untuk belajar mengelola suasana hati.

Pada orang dengan gangguan bipolar, sangat penting untuk mempelajari pola perilaku. Ketika sedang memasuki episode mania atau manik, pikiran penderita bipolar akan mengelabui dan meyakinkan diri bahwa mereka baik-baik saja, sehingga mereka kesulitan untuk memiliki gambaran mengenai apa yang terjadi pada diri mereka. 

Sangat penting untuk mengenali perbedaan antara perasaan yang normal dan sehat dengan perasaan mania. Begitu seseorang dengan gangguan bipolar mengenali perasaan mania, ini bisa membantu mereka untuk mengabaikan segala bentuk pikiran yang memaksa. Ini juga bisa membuat orang dengan gangguan bipolar lebih cepat mengetahui apakah mereka sudah harus mendapatkan bantuan atau tidak.

Meminta bantuan

Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan saat benar-benar dibutuhkan. Mulailah dengan meminta bantuan dari orang-orang terdekat. Jika tidak berhasil, carilah bantuan lain, hal ini demi melanjutkan proses pemulihan sehingga seseorang yang mengalami gangguan mental dapat menjalani kehidupan normal secepatnya.

Hindari mengisolasi diri

Saat sedang merasa bersedih, menyendiri rasanya menjadi pilihan terbaik. Sayangnya, terlalu sering mengisolasi diri dapat membuat kondisi lebih buruk. Jangan pernah takut untuk meminta bantuan, terlebih jika Anda sudah mengenali beberapa gejala gangguan mental yang sedang menimpa Anda.

(Foto: hickmancounseling.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok