Diet
+1

Intip Tips Menyimpan Daging Agar Tetap Segar!

June 18, 2021 | Claudia

Daging

Membekukan daging adalah cara terbaik untuk menjaga nilai gizi dan menjaga daging agar tidak rusak. Tergantung pada potongan dan jenis dagingnya, daging mentah dapat diawetkan dalam freezer dan tetap berkualitas tinggi selama 1-12 bulan.

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui dan mengikuti cara yang benar untuk menyimpan dan membekukan daging, untuk memastikan keamanannya dan mencegah pertumbuhan bakteri pada daging.

Berikut ini merupakan cara terbaik untuk menyimpan dan membekukan daging:

Menyiapkan daging sebelum dibekukan

Boleh-boleh saja jika Anda ingin menyimpan daging yang dibeli di pasar langsung dengan kemasannya, tanpa memindahkan daging ke tempat lain. Namun pastikan, periksa apakah ada lubang atau kerusakan pada kemasan daging. Kemasan kedap udara akan menjaga daging tetap aman pada suhu yang disarankan.

Untuk daging yang disembelih, bungkus potongan daging dalam kemasan kedap udara terlebih dahulu. Selanjutnya ikuti rekomendasi dari Food and Drug Administration (FDA) yang menyarankan daging dibungkus dengan bungkus plastik kedap udara, jika ingin dibekukan lebih dari 2 bulan.

Suhu beku

Suhu beku merupakan aspek penting dalam penyimpanan daging. Anda harus menyimpan daging beku pada suhu -18 derajat Celsius atau di bawahnya. The United States Department of Agriculture (USDA) mengatakan bahwa suhu ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mencegah mikroba lain seperti ragi dan jamur tumbuh.

YesDok Ads

Seseorang dapat menggunakan termometer untuk memeriksa apakah freezer di rumah mereka mencapai suhu ini atau tidak. Beberapa freezer mungkin tidak mencapai suhu serendah ini secara konsisten karena rusak atau masalah lain, ini bisa membuat makanan yang disimpan di dalamnya berisiko mengalami pertumbuhan bakteri dan busuk.

Mencairkan daging

Ada tiga cara utama yang dapat dilakukan untuk mencairkan daging yang baru dikeluarkan dari freezer. Teknik pertama dan paling lambat adalah dengan memindahkan daging yang akan diolah, dari freezer ke lemari es bagian bawah. Akan tetapi, ini bisa memakan waktu lama dan bahkan berjam-jam.

Untuk mencairkan daging lebih cepat, Anda dapat memasukkan daging ke dalam kantong plastik antibocor dan memasukkannya lagi ke dalam wadah berisi air dingin. Air harus diganti setiap 30 menit, dan daging harus segera dimasak atau diolah segera setelah mencair.

Beberapa microwave juga memiliki pengaturan khusus yang dapat membantu Anda dalam mencairkan daging beku. Jika menggunakan microwave, segera masak daging setelah Anda mencairkannya. 

Jangan pernah mencairkan daging di tempat terbuka pada suhu kamar, seperti di atas meja atau di wastafel. Bakteri dapat berkembang biak dengan cepat pada daging saat berada di suhu kamar.

(Foto: foodfirefriends.com)

YesDok Ads