Inovasi Jaringan Internet 5G yang Ternyata Bisa Pengaruhi Kesehatan

May 13, 2019 | Helmi

5G, menjadi inovasi teknologi terbaru yang akan bisa menghubungkan seluruh orang di berbagai belahan dunia dengan jauh lebih cepat dibandingkan dengan 4G. Sayangnya terobosan ini ternyata menyimpan risiko bagi kesehatan.

Berdasarkan studi dari National Toxicology Program yang dirilis pada tahun 2016, ditemukan adanya hubungan antara radiasi ponsel dan kanker. Ini merupakan hasil awal yang diperoleh dalam penelitian tersebut.

"Saya tidak berpikir jelas bahwa ada risiko kesehatan, tetapi juga tidak jelas bahwa tidak ada risiko kesehatan," kata Dr Leeka Kheifets, PhD, seorang profesor epidemiologi di UCLA.

Menurut sebuah studi yang dibuat di tahun 2018 dan diterbitkan oleh Health Physics journal, ledakan transfer data yang sangat cepat pada suatu perangkat sebagai akibat dari teknologi 5G dapat menyebabkan pemanasan jaringan kulit pada orang yang terpapar.

YesDok Ads

Studi ini menunjukkan bahwa rasio daya yang dapat ditolerasi dapat menyebabkan kerusakan jaringan permanen bahkan setelah paparan singkat.

Studi ilmiah lain yang diterbitkan pada 2018 juga menunjukkan bahwa gelombang milimeter frekuensi tinggi dari 5G telah dikaitkan dengan implikasi kesehatan yang signifikan. Bukti menunjukkan bahwa frekuensi tersebut dapat meningkatkan suhu kulit, mengubah ekspresi gen dan sintesis protein.

Meski datang sebagai inovasi, 5G ternyata memiliki risiko yang belum diketahui secara pasti. Teknologi 5G rencananya akan mulai banyak digunakan pada tahun 2020.

YesDok Ads