0 Point
Seorang wanita sedang terlihat gelisah

Inilah Penyebab Perubahan Mood yang Drastis Pada Wanita

Perubahan suasana hati secara drastis atau yang dikenal dengan istilah mood swing adalah kondisi dimana suasana hati (mood) sering alami perubahan secara signifikan dalam waktu yang singkat. 

Hal ini bisa terjadi pada siapa saja serta juga memiliki berbagai faktor penyebab. 

Pada wanita, perubahan suasana hati dapat terjadi akibat dari fluktuasi secara hormonal yang umum terjadi selama siklus menstruasi, kehamilan, atau menopause.

Wajar jika emosi berubah seiring waktu. Terkadang, mereka dapat berubah dengan cepat sebagai respons terhadap situasi yang mengecewakan. Namun, pada orang yang cenderung alami perubahan suasana hati, mereka umumnya terasa lebih intens daripada biasanya.

Penyebab 

Premenstrual syndrome 

Premenstrual syndrome (PMS) merupakan sekelompok gejala yang terjadi pada wanita 1-2 minggu sebelum menstruasi. Selain perubahan suasana hati, PMS dapat memicu kondisi seperti rasa nyeri pada payudara, kelelahan kronis, perubahan nafsu makan, dan depresi. 

PMS terjadi karena perubahan hormonal yang terjadi sebelum menstruasi, namun masih adanya studi lanjut mengenai mengapa kondisi ini memengaruhi beberapa orang saja.

Stres

Tingkat stres yang tinggi mampu berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Salah satu dampaknya yaitu perubahan mood. Frustasi, rasa khawatir, dan keadaan stres yang berlangsung secara terus menerus dapat menyebabkan suasana hati yang parah diiringi dengan gangguan psikologis lainnya.

Kehamilan

Perubahan mood secara drastis adalah salah satu tanda umum kehamilan, dan dimulai selama berminggu-minggu pertama setelah pembuahan. Gejala awal kehamilan lainnya termasuk

  • Payudara terlihat bengkak 
  • Telat datang bulan
  • Kelelahan
  • Morning sickness
  • Maag
  • Frekuensi buang air kecil yang tinggi

Kapan perlu berkonsultasi ke dokter?

Siapapun bisa alami perubahan suasana hati dari waktu ke waktu. Mood swing ringan dan umum terjadi pada wanita yang sedang alami PMS, biasanya tidak berlangsung lama.

Perubahan suasana hati yang sering terjadi mungkin merupakan tanda dari dari gangguan kondisi lainnya yang memerlukan perhatian medis.

Sangat penting untuk berbicara dengan dokter tentang perubahan suasana hati, terutama jika hal ini terjadi secara terus menerus.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok