Inilah Penyebab Nyeri Dada di Sebelah Kiri

October 28, 2022 | Kaifia

Penyebab Nyeri Dada di Sebelah Kiri

Mengalami nyeri dada merupakan suatu hal yang tidak dianjurkan bagi kita untuk mengabaikannya. Intensitas dan frekuensi rasa sakitnya perlu dikonsultasikan serta ditangani oleh dokter. Dalam kebanyakan kasus, seseorang mungkin mengira bahwa rasa nyeri tersebut adalah tanda dari penyakit jantung. 

Nyeri dada termasuk di sisi kiri bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan di area paru-paru, kerongkongan, otot, tulang rusuk dan saraf. Beberapa dari penyebabnya dapat mengancam jiwa oleh karena itu sangat penting penanganan dini saat Anda mulai merasakan gejalanya. 

Tuasaude.com melansir bahwa ketika rasa sakit tersebut sangat intens dan disertai dengan gejala lain seperti sesak napas dan kesemutan di lengan kiri. Jika hal tersebut tidak kian membaik dalam beberapa menit, perlu segera dibawakan ke rumah sakit. 

Penyebab

Berikut adalah beberapa penyebab secara fisik maupun psikis timbulnya nyeri dada di sebelah kiri yang perlu Anda waspadai

Panic attack

Panic attack atau serangan panik merupakan munculnya perasaan takut secara tiba-tiba namun intens. Kondisi ini biasanya tidak memiliki pemicu yang jelas. Panic Attack umumnya menimbulkan gejala seperti kesemutan di seluruh tubuh dan tidak hanya timbul di satu tangan serta mereka berlangsung selama 10 menit. 

Beberapa gejala dari panic attack melingkupi sesak napas, sensasi berat di area dada, perasaan gelisah secara intens dan keringat dingin. Apabila Anda mencurigai alami serangan panik, cobalah untuk pergi ke tempat yang aman dan nyaman bagi diri Anda lalu pasang headphone untuk mendengarkan musik dan tarik napas sedalam-dalamnya.

YesDok Ads

Angina

Healthline melansir bahwa angina bukan termasuk kondisi medis melainkan gejala penyakit jantung koroner. Pengidap angina dapat alami nyeri dada, dada terasa berat, ketidaknyamanan serta sensasi seperti ditekan akibat jantung tidak mendapatkan cukup oksigen dari darah.

Penting untuk memperoleh diagnosis oleh spesialis kardiologi yang akan melakukan pemeriksaan secara intensif serta perawatan yang akan Anda jalani.

GERD 

GERD (Gastroesophageal reflux disease) adalah kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan dan menyebabkan beberapa gejala serius seperti nyeri dada.

Gejala lainnya juga bisa muncul antara lain

  • Sensasi terbakar di dada
  • Rasa asam dan pahit di mulut
  • Kesulitan saat menelan

Dokter Anda mungkin menganjurkan Anda untuk menerapkan perubahan gaya hidup sehat dalam upaya meredakan kondisi GERD. perubahan gaya hidup sehat antara lain seperti rutin berolahraga dan hindari makanan pemicu seperti makanan asam, pedas dan berminyak.

YesDok Ads