Inilah Penyebab Mata Anda Gatal di Malam Hari

July 11, 2022 | Kaifia

Seorang wanita sedang menggaruk matanya di malam hari

Mata gatal bisa menyebabkan ketidaknyamanan terutama saat di malam hari.

Anda mungkin mengiranya kondisi tersebut termasuk iritasi dan melakukan segala cara apapun untuk meredakannya. 

Alasan lainnya mungkin mata Anda lebih santai sewaktu sebelum tidur dibandingkan di siang hari ini dimana Anda dikejar oleh berbagai aktivitas. Oleh karena itu, sensasi gatal tersebut menjadi lebih transparan di malam hari.

Penyebab

Infeksi

Mata akan rentan terhadap infeksi virus, bakteri dan jamur atau sumber utama penyebab mata gatal.

Healthline melansir salah satu infeksi mata yang paling umum dikenal dengan konjungtivitis, mereka juga dikenal sebagai mata merah karena bagian putih dari mata yang terinfeksi berubah warna menjadi merah muda. Kondisi ini bersifat menular dan seringkali disertai dengan drainase dari infeksi mata yang terkena.

Mata tegang

YesDok Ads

Ketegangan mata atau kelelahan mata merupakan kemungkinan penyebab dari mata gatal di malam hari. Hal ini terjadi ketika Anda melihat layar handphone sepanjang hari tanpa rehat atau mengemudi jarak jauh. 

Tingkat stres yang tinggi juga dapat menjadi penyebab kelelahan mata. Udara dari pemanas atau AC bisa berperan membuat mata Anda tegang dan gatal.

Mata kering

Mata kering cenderung kian memburuk sepanjang hari, menyebabkan efek garukan secara berlebihan dan sensasi tidak nyaman lainnya di malam hari. 

Seseorang mungkin bisa terasa lebih baik saat bangun di pagi hari namun seiring berjalannya hari, mata kering dapat memburuk disertai dengan sensasi terbakar.

Pengobatan rumahan

Menerapkan kompres hangat bisa memberikan bantuan langsung untuk mata yang terasa gatal. Mereka dapat membantu membuka kelenjar meibom, yang bisa meningkatkan pelumasan. 

Sangat penting untuk menjaga kesehatan mata agar tetap bersih di malam hari untuk membantu mencegah gatal-gatal. Kotoran, bahan kimia dan make-up dapat memicu mata gatal.

YesDok Ads