Inilah Manfaat Jalan Kaki Ringan Sehabis Makan

August 26, 2021 | Kaifia

Seorang wanita sedang jalan kaki

Jalan kaki memiliki segudang manfaat bagi kesehatan Anda secara menyeluruh. Seseorang perlu memperhitungkan intensitas dan seberapa panjang jarak mereka berjalan kaki untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Penelitian menyarankan bahwa berjalan kaki singkat setelah makan mampu membantu mengelola kadar glukosa dalam tubuh. Olahraga tanpa intensitas yang berat namun dilakukan secara rutin juga mampu mengurangi sensasi kembung, meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan kesehatan jantung.

Namun, dibalik dampak positif yang dihasilkan dari jalan kaki setelah makan, Anda juga cenderung bisa mengalami kondisi seperti gangguan pencernaan. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan intensitas, jarak, dan waktu berjalan setelah makan.

Manfaat

Olahraga dikaitkan dengan sejumlah hasil manfaat kesehatan. Anda tidak perlu melakukan aktivitas fisik dengan intensitas berat seperti mengangkat beban, cukup dengan membangun rutinitas berjalan kaki terutama setelah makan, Anda dapat merasakan pengaruhnya bagi kesehatan Anda.

Meningkatkan kualitas tidur

Mendapatkan kualitas tidur yang baik di malam hari sangat penting bagi tubuh Anda. Ketika seseorang mengalami kekurangan tidur, hal tersebut dapat berisiko meningkatkan berbagai macam gangguan medis.

Jalan kaki juga membantu mengatasi insomnia di malam hari.

YesDok Ads

Menurunkan risiko penyakit jantung

Salah satu manfaat aktivitas fisik yaitu sering dikaitkan dengan kesehatan jantung.

Olahraga yang rutin dapat menurunkan tekanan darah serta kolesterol jahat sekaligus mengendalikan gejala stroke dan risiko jantung.

Anda dapat membuat pola dengan berjalan kaki hingga 5-10 menit setelah makan.

Mengatur tekanan darah

Berjalan kaki setelah makan juga dapat membantu mengatur tekanan darah Anda dalam batas tertentu.

Beberapa penelitian menghubungkan 3 kali jalan kaki dalam 10 menit setiap hari dengan penurunan tekanan darah.

Jalan santai yang dilakukan secara rutin memiliki berbagai manfaat kesehatan namun penting untuk dicatat untuk hindari olahraga dengan intensitas berat setelah makan karena hal tersebut dapat berdampak negatif bagi pencernaan serta jika seseorang baru saja makan dalam porsi yang besar, mereka mungkin akan menunggu terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk jalan kaki.

YesDok Ads