Inilah Makanan dan Minuman yang Membantu Tidur Nyenyak

October 14, 2021 | Kaifia

Seorang wanita sedang tidur.

Tidur sangat berpengaruh pada seluruh aspek kesehatan manusia. 

Tidur dapat membantu mengurangi risiko Anda terkena jenis penyakit tertentu, menjaga kesehatan otak serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Umumnya, Anda disarankan untuk tidur antara 7 hingga 9 jam setiap malam, walaupun banyak orang yang masih berusaha untuk mendapatkan jam tidur yang cukup.

Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kualitas tidur dan membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari seperti perubahan diet.

Beberapa makanan dan minuman mengandung senyawa yang bisa membantu mengontrol bagian dari siklus tidur, yang dimana mereka mampu membantu orang terlelap tidur lebih mudah.

Durasi dan kualitas tidur bisa terpengaruhi oleh hal berikut ini, seperti

  • Diabetes
  • Obesitas
  • Hipertensi
  • Penyakit kardiovaskular

Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang mampu meningkatkan kualitas tidur yang baik

Almond

YesDok Ads

Almond mengandung melatonin dosis tinggi yang dimana hormon ini dapat membantu mengatur siklus tidur dan bangun seseorang.

Sumber magnesium yang terkandung dalam almond menyediakan 19% dari kebutuhan harian Anda hanya dalam 1 ons. Mengonsumsi magnesium dalam jumlah yang cukup dapat meningkatkan kualitas tidur terutama bagi mereka yang cenderung menderita insomnia.

Susu hangat

Susu mengandung empat senyawa yang dapat mendukung tidur: triptofan, kalsium, vitamin D dan melatonin.

Susu hangat merupakan strategi yang tepat untuk membantu Anda terlelap tidur lebih mudah. Secangkir susu hangat sebelum tidur bisa menjadi hal rutin yang menenangkan.

Selada

Minyak biji selada dan selada dapat membantu mengatasi insomnia di malam hari dan membuat tidur menjadi nyenyak.

Sebuah studi tahun 2017 menunjukkan bahwa selada tidak hanya membantu meningkatkan durasi tidur pada tikus, namun juga dapat melindungi sel dari peradangan dan kerusakan akibat stres dari gangguan tidur di malam hari.

YesDok Ads