Inilah Gejala Virus Omicron BA 4 dan BA 5

June 14, 2022 | Kaifia

Seorang wanita sedang menggunakan masker

Virus Corona Subvarian BA.4 dan BA.5 baru kini dilaporkan telah terdeteksi 8 kasus di tanah air. 

Healthline melansir bahwa jenis varian terbaru ini mengkhawatirkan bagi pakar kesehatan karena mutasi virus ini yang mampu menyerang sistem kekebalan orang yang telah melakukan vaksinasi sebelumnya. 

Penelitian telah menandakan bahwa subvarian ini lebih rentan menular dan lebih mungkin menyebabkan infeksi terobosan daripada jenis Omicron lainnya.

Menurut artikel dari VeryWell Health, para ilmuwan pertama kali mendeteksi BA. 4 dan BA.5 di Afrika Selatan di awal tahun ini dan variannya mulai lama berkembang dan menjadi dominan di negara tersebut. 

Ketika varian baru terdeteksi, para ahli melihat lebih dekat mutasi apa yang telah terjadi dan apakah mutasi ini membuat virus memiliki kemungkinan yang kecil untuk dideteksi oleh sistem kekebalan dan menyebabkan penyakit yang serius. 

Dr. Robert G Lahita, direktur Institut Penyakit Autoimun dan Rematik di Saint Joseph Health dan penulis “Immunity Strong”, mengatakan pada Healthline bahwa ‘immune escape’ atau ‘immune evasion’ terjadi ketika sistem kekebalan manusia tidak mampu mendeteksi virus secara efektif. 

YesDok Ads

Menurut Lahita, jika mutasi lainnya dapat memungkinkan varian untuk menghindari respons imun kita dengan lebih mudah, hal tersebut juga dapat menyebabkan penyakit pernapasan bawah.

Gejala

Al.com melansir bahwa gejala dari subvarian ini termasuk konsisten dengan subvarian lainnya dan sebagian besar gejalanya ringan serta menimbulkan kelelahan, batuk, hidung tersumbat atau pilek. Beberapa gejala juga dilaporkan mirip dengan gejala COVID-19 secara umumnya seperti sesak napas, demam, nyeri otot dan kehilangan indera pencium dan perasa. 

Subvarian BA.4 dan BA.5 memiliki mutasi yang membuatnya sedikit berbeda dari BA.2.12.1. Mereka juga diperkirakan mempunyai kesamaan dengan varian Delta.

Sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan dan menjalani praktik kesehatan seperti menggunakan masker saat beraktivitas, mencuci tangan secara rutin dan menjaga jarak antar sesama. 

YesDok Ads