Inilah Gejala Terhambatnya Sirkulasi Darah di Bagian Kaki

April 03, 2022 | Kaifia

Jalan kaki

Sirkulasi darah yang buruk terjadi akibat penggumpalan darah di area pembuluh darah yang membatasi aliran darah. Jika pembuluh darah di suatu area menutup, mengeras dan menyempit, sirkulasi bisa mengalami penurunan.

Saat kondisi ini menyerang bagian kaki, maka hal tersebut bisa menyebabkan kaki menjadi dingin, berubah warna serta mati rasa. 

Tanda-tanda

Seseorang dengan sirkulasi darah yang buruk mungkin memerhatikan kaki mereka terasa dingin dan mati rasa. Mereka juga melihat adanya perubahan pada warna. 

Gejala ini bisa memburuk pada kondisi tertentu, seperti saat seseorang sedang duduk diam dalam jangka waktu yang lama. Namun, pada sebagian orang, gejala ini bisa bersifat konstan dan mengalami progresivitas akibat dari kondisi yang mendasarinya.

Berikut adalah beberapa gejala tambahan akibat penurunan sirkulasi di kaki

  • Kuku kaki lemah
  • Proses penyembuhan luka yang lambat
  • Kerontokan rambut kaki
  • Kulit pecah-pecah

Cara meningkatkan sirkulasi darah

Cara paling efektif untuk meningkatkan sirkulasi di area kaki yaitu dengan mengobati kondisi mendasar terlebih dahulu. Apabila dokter tidak mampu menentukan penyebabnya, beberapa metodenya antara lain

Jalan kaki

Berjalan kaki merupakan rekomendasi nomor satu untuk meningkatkan sirkulasi darah. Tidak perlu langsung menuju ke tahap langkah kaki yang banyak, Anda bisa mulai dari yang kecil, bahkan hanya 5 menit sehari mampu memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Lakukan teknik relaksasi

Berbagai teknik relaksasi dan pernapasan seperti meditasi serta praktik yoga mampu membantu mengelola stres.

Mengenakan kaus kaki kompresi

Jenis kaus kaki ini bisa memberikan tekanan pada tungkai dan kaki, memaksa agar darah mengalir kembali ke jantung. 

YesDok Ads