Inilah Aktivitas yang Dapat Menghilangkan Stres

August 15, 2022 | Kaifia

Seorang wanita sedang alami stres

Stress adalah reaksi umum tubuh saat Anda menghadapi ancaman atau tekanan psikologis yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan diri di lingkungan atau situasi baru.

Meskipun Anda tidak selalu bisa mengontrol keadaan keadaan Anda, pasti ada cara tertentu untuk mengontrol cara Anda meresponnya. 

Stress kronis dan akut bisa membahayakan atau berdampak negatif bagi kesehatan tubuh Anda apabila tidak ditangani dengan tepat. 

Oleh karena itu, penting bagi setiap orang mempunyai caranya sendiri yang efektif menenangkan jiwa dan pikiran. Berikut adalah beberapa kegiatan atau aktivitas yang bisa Anda terapkan sebagai penghilang stres

Olahraga ringan

Bergerak aktif sangat bagus ketika kadar stress tinggi menyerang Anda dan membuat Anda cepat gelisah sehingga jantung berdetak lebih cepat dari biasanya. 

Banyak penelitian menunjukkan bahwa melakukan aktivitas fisik bisa membantu mengurangi kadar stres serta turut memperbaiki suasana hati.

Tak hanya itu, olahraga teratur telah terbukti memperbaiki gejala kondisi kesehatan mental yang umum seperti depresi dan kecemasan.

YesDok Ads

Praktik self-care

Cobalah untuk menyisihkan waktu untuk menerapkan perawatan diri dalam upaya membantu mengurangi kadar stres yang tinggi misalnya dengan beberapa hal dibawah ini

  • Jalan kaki 
  • Baca buku favorit Anda
  • Nyalakan lilin aromaterapi 
  • Berlatih yoga
  • Pijat 
  • Lakukan peregangan sebelum tidur 

Memanggang kue

Memanggang kue bisa menjadi aktivitas penghilang stres paling ampuh. Pada dasarnya saat Anda membuat kue, hal tersebut membutuhkan perencanaan, konsentrasi penuh serta perhatian yang dapat mengaktifkan otak terutama jika Anda menikmati segala proses pembuatannya. 

Menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman

Memiliki sistem dukungan sosial antar keluarga atau teman sangat penting bagi kesejahteraan Anda secara keseluruhan. 

Menurut artikel yang dilansir oleh Healthline, sebuah penelitian pada 163 orang dewasa Latin di perguruan tinggi mengaitkan tingkat dukungan yang rendah dari teman, keluarga atau pasangan dengan rasa kesepian, gejala depresi dan stres yang dirasakan.

YesDok Ads