Sexuality
Adult
+1

Inilah 5 Penyebab Kondom Bocor

May 08, 2022 | Aqiyu

kondom bocor

Kondom merupakan alat kontrasepsi yang digunakan saat berhubungan intim. Kondom berfungsi untuk mencegah kehamilan hingga penularan penyakit kelamin diantaranya gonore, trikomoniasis, herpes, sifilis dan lainnya. Biasanya kondom terbuat dari bahan karet latex dan digunakan untuk pria maupun wanita. Fungsi kondom dapat menurun, salah satunya adalah kondom bocor. Kondom bocor dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini lima penyebab kondom bocor yang wajib Anda ketahui:

Kondom Kadaluarsa

Melansir healthline, kondom rentan rusak atau mudah bocor bila sudah melewati masa pakainya atau kadaluarsa. Agar kondom dapat berfungsi dengan baik, maka perhatikan tanggal kadaluarsa kondom sebelum menggunakanya.

Pakai ukuran yang salah

Fungsi kondom akan menurun bila Anda menggunakan kondom tidak sesuai dengan ukurannya. Menggunakan ukuran yang salah, terlalu besar atau terlalu kecil bisa membuat kondom mudah bocor. Pastikan Anda memilih ukuran kondom yang tepat yakni tidak kesempitan, tidak kebesaran, tidak mudah copot agar berhubungan seksual lebih nyaman dna tidak khawatir kondom bocor.

Tidak pakai pelumas

YesDok Ads

Menggunakan pelumas saat berhubungan intim dapat mempermudah penetrasi dan mencegah vagina terasa nyeri. Bahkan kurangnya pelumas saat berhubungan intim dapat menyebabkan kondom bocor. Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan pelumas yang cukup tetapi hindari pelumas yang berbahan dasar minyak. Karena pelumas berbahan minyak dapat merusak bahan kondom yang terbuat dari lateks.

Terpapar sinar matahari

Menyimpan kondom di tempat yang tepat dapat menjaga kualitas kondom. Menyimpan kondom di tempat yang terpapar matahari seperti di laci mobil bisa merusak kondom. Selain itu, hindari pula menyimpan kondom di dompet atau dengan posisi terlipat.

Salah membuka kemasan

Berhati-hati saat membuka kemasan kondom. Mungkin beberapa orang ceroboh atau terburu-buru saat membuka kemasan kondom sehingga saat merobek kemasan kondom juga ikut robek.

(Foto: pegasusaerogrup)

YesDok Ads