0 Point
puasa

Ini yang Terjadi Pada Organ Tubuh Saat Berpuasa

Saat berpuasa kinerja tubuh mengalami perubahan. Tubuh akan menyesuaikan diri dalam memproduksi energi. Ketika berpuasa tubuh akan membakar nutrisi yang tersimpan dalam tubuh seperti cadangan lemak, karbohidrat serta gula untuk diubah menjadi energi.

Bukan hanya itu, organ-organ tubuh pun turut menyesuaikan kinerjanya pada orang yang puasa. Setiap organ tubuh akan bekerja ekstra saat berpuasa. Namun jangan khawatir, karena hal tersebut adalah pertanda baik. Berikut beberapa perubahan fungsi organ yang terjadi selama berpuasa:

Mulut

Saat berpuasa Anda harus menahan haus, dengan kata lain tubuh Anda tidak mendapatkan asupan cairan kurang lebih selama 10 jam. Namun, kelenjar air liur dalam mulut tidak berhenti bekerja begitu saja. Kelenjar air liur tetap bekerja sehingga Anda terhindar dari mulut kering dan bau mulut.

Usus kecil

Makanan yang masuk dan dicerna saat berpuasa adalah makanan yang disantap saat sahur. Dikarenakan makanan yang masuk terbilang sedikit maka proses penyerapan nutrisi yang dilakukan oleh usus halus akan berhenti. Secara regular, usus kecil hanya bergerak setiap 4 jam sehingga usus kecil bisa beristirahat dari tugasnya.

Usus besar

Tidak berbeda jauh dengan usus kecil, usus besar mengontrol penyerapan air di usus karena asupan cairan yang terbatas. Sehingga selama Anda berpuasa cairan tubuh dan keseimbangan cairan akan tetap terjaga.

Liver

Saat Anda berpuasa, organ hati akan bertugas memecah cadangan gula atau glukosa yang tersimpan dalam hati. Dengan begitu, pemecahan glukosa tersebut sebagai sumber energi pertama untuk dapat beraktivitas seharian.

Pankreas

Pankreas merupakan organ yang menghasilkan hormon insulin. Dimana hormon insulin tersebut akan bekerja memecah glukosa darah. Selama Anda berpuasa, produksi insulin berhenti dan hormon ini akan memberitahu liver untuk memecah penyimpanan gula yang tersimpan dalam liver.  

Lambung

Lambung juga tidak menerima makanan dalam beberapa jam selama berpuasa. Produksi asam lambung pun menurun saat Anda puasa. Hal ini terjadi untuk mencegah terkikisnya dinding lambung oleh asam. Karena tidak adanya asupan makanan yang dicerna sehingga dapat menghindari luka pada lambung.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok