Ini yang Perlu Dilakukan untuk Rawat Kuku Kaki

March 05, 2020 | Claudia

Kuku

Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang sering digunakan untuk beraktivitas. Ini membuat kaki jadi lebih mudah lelah. Sayang, kaki kita justru mendapatkan perawatan yang minim dibandingkan bagian tubuh lain.

Kaki juga memerlukan perawatan, agar senantiasa tampil maksimal. Kuku kaki, merupakan salah satu bagian yang harus diperhatikan. Banyak orang abai akan kebersihan kuku kaki, padahal kuku kaki yang bersih tak hanya dapat mempercantik penampilan kaki, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan.

Bayangkan jika Anda terus membiarkan kuku kaki Anda dalam kondisi yang kotor, akan ada banyak masalah yang menimpa kuku kaki Anda. Infeksi jamur dan athlete's foot merupakan beberapa masalah umum yang bisa terjadi pada kuku kaki.

Jika Anda tak mau masalah-masalah ini menghampiri kuku kaki Anda, maka mulailah untuk merawatnya dengan cara ini:

Rutin cuci kaki

Saat tengah mencuci kaki, pastikan Anda juga membersihkan kuku-kuku kaki Anda. Debu dan kotoran kerap terperangkap dan terkumpul di bawah kuku kaki Anda. Jika ini terus dibiarkan, bisa Anda bayangkan betapa kotor kaki Anda dibuatnya. Pastikan untuk mencuci kaki dengan sabun, namun hindari sabun berbahan keras yang dapat mengeringkan kulit kaki. Lakukan kebiasaan baik ini setiap kali Anda habis bepergian dari luar rumah, dan sebelum tidur, sehingga kondisi kaki Anda tetap bersih dan sehat.

YesDok Ads

Pedikur

Pedikur merupakan salah satu perawatan untuk kuku kaki terbaik. Jika Anda mengira bahwa pedikur hanya bisa dilakukan di salon kecantikan, maka Anda salah. Pedikur bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan cara merendam kaki dalam campuran air hangat dan minyak esensial, gosok bagian kulit kaki Anda dengan scrub kaki. Setelahnya, potong kuku Anda sampai rapi. Terakhir, Anda juga bisa melakukan perawatan untuk kutikula. 

Pilih produk perawatan yang baik

Perhatikan lagi produk-produk yang Anda gunakan saat merawat kuku Anda. Gunakan juga produk pelembap yang baik seperti petroleum jelly, krim kutikula, dan minyak vitamin E, yang baik untuk kuku dan kulit kaki Anda.

Lakukan perawatan ini secara rutin, dan tanamkan dalam diri Anda bahwa merawat kaki dan kuku-kuku kaki sama pentingnya dengan merawat wajah Anda. Rutin merawat kaki dapat membantu mencegah terjadinya infeksi jamur dan bakteri di kaki Anda. Ini akan memengaruhi penampilan dan kesehatan tubuh Anda.

(Foto: nailsandspaconceptsstockton.com)

YesDok Ads