Ini yang Perlu Anda Tahu tentang Muntah!

October 24, 2020 | Claudia

muntah

Muntah merupakan kondisi tidak nyaman dan mengganggu yang pasti pernah dialami oleh hampir semua orang. Saat terjadi muntah, Anda mengeluarkan isi perut Anda melalui mulut dan bahkan kadang juga bisa melalui hidung.

Muntah terjadi ketika otot-otot perut berkontraksi dan tiba-tiba melepaskan isinya, sehingga menyebabkan pengeluaran cairan perut dan makanan yang belum tercerna dengan sempurna melalui esofagus dan mulut. Muntah bisa terjadi oleh banyak hal, misalnya keracunan makanan, mabuk perjalanan, gangguan pencernaan, infeksi virus atau bakteri, gastritis, terlalu banyak makan, mabuk alkohol, dan lain-lain.

Ada banyak hal lain yang mungkin belum kita tahu tentang kondisi muntah yang kita alami, seperti:

Fakta 1

Saat muntah, periksalah warna muntahan Anda. Jika muntah berwarna hitam atau merah terang, ini berarti muntahan Anda telah bercampur dengan darah, dan kondisi seperti ini harus mendapatkan perhatian dan perawatan medis lebih lanjut..

Fakta 2

Muntah tidak hanya disebabkan oleh infeksi virus flu, terutama muntah yang terjadi pada bayi. Muntah juga bisa disebabkan oleh refluks asam, migrain dan bahkan radang tenggorokan

Fakta 3

Seseorang bisa mengalami sindrom muntah siklik, yakni suatu kondisi di mana seseorang mengalami episode muntah dan mual yang terus berulang tanpa alasan yang jelas.

Fakta 4

Muntah tak selalu berarti buruk. Muntah juga menjadi salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan infeksi.

Fakta 5

Jika tidak ditangani dengan tepat, muntah bisa berakibat fatal. Terutama jika intensitas muntahan terjadi secara terus menerus. Kondisi ini dapat menyebabkan dehidrasi ekstrem, dan bahkan kegagalan organ.

(Foto: medicalnewstoday.com)

YesDok Ads