Ini yang Harus Dilakukan Ketika Mata Merah dan Gatal

October 21, 2019 | Claudia

Mata merupakan salah satu indera yang memiliki fungsi sangat penting. Tanpa hadirnya mata, kita akan kesulitan untuk beraktivitas dan melihat apa yang terjadi di sekitar kita. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Sayangnya, mata tetap saja diselimuti oleh sejumlah masalah, seperti menjadi merah dan terasa gatal. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh sejumlah hal, seperti debu, udara dingin, paparan sinar matahari, alergi, angin, atau pemakaian kosmetik yang tidak cocok dengan kulit.

Mata yang gatal memang sangat mengganggu, tak heran tangan kita kadang tak kuasa untuk tidak menggosok-gosoknya dengan tujuan untuk menghilangkan rasa gatal. Padahal, ini bukan cara yang tepat dan malah akan membuat kondisinya semakin parah.

Saat mata Anda terasa merah atau gatal, ada baiknya Anda untuk segera melakukan hal ini:

Jangan digosok

Menggosok mata merupakan kebiasaan buruk yang memang sulit dikendalikan saat mata terasa gatal. Namun, menggosok mata hanya akan memberikan kepuasan sesaat, dan malah akan semakin memperparah kondisi mata Anda yang gatal. Menggosok mata umumnya dapat mendorong alergen lebih masuk ke dalam mata sehingga menyebabkan lebih banyak masalah. Jadi, segera hentikan hal ini ketika tangan Anda mulai mengarah ke mata.

Cuci dengan rose water

YesDok Ads

Selain untuk perawatan kulit, rose water juga berguna untuk mengatasi mata yang merah dan gatal. Anda dapat menggunakan rose water untuk mencuci mata Anda yang tengah bermasalah. Cucilah mata dua atau tiga kali sehari dengan rose water untuk memberikan efek pendinginan serta menenangkan kondisi mata yang merah dan gatal.

Kompres mentimun

Selain rose water, mentimun juga memberikan manfaat untuk mengatasi masalah mata yang merah dan gatal. Irisan mentimun dingin dapat memberikan efek yang dingin dan sejuk untuk mata yang gatal. Mentimun juga mengandung sifat anti-iritasi sehingga dapat mengurangi peradangan dan juga bengkak pada mata.

Jaga kebersihan mata

Segera mencuci mata dengan air bersih dan segar setelah bepergian di luar ruangan. Partikel debu dan polusi merupakan penyebab paling umum di balik mata yang merah dan gatal. Menjaga kebersihan mata merupakan hal utama untuk mencegah masalah ini.

(Foto: redbrick.me)

YesDok Ads