Ini yang Bisa Membantu Anda dari Hipoglikemia

March 27, 2022 | Claudia

Hipoglikemia

Kadar gula darah juga bisa menjadi rendah. Kondisi ini biasa disebut hipoglikemia. Ini bisa terjadi ketika seseorang membiarkan dirinya kelaparan dalam waktu yang lama.

Melewatkan makan dan melakukan pekerjaan yang berat merupakan beberapa pemicu utama seseorang mengalami hipoglikemia. Ketika perut kosong dalam waktu yang lama, tubuh mulai menggunakan cadangan gula yang disimpan di organ hati dalam bentuk glikogen, untuk memberikan tubuh asupan gula yang dibutuhkan sebagai pembentuk energi.

Cadangan gula ini, lama-kelamaan habis, jika Anda tidak segera menyuplainya kembali. Inilah yang kemudian membuat kondisi hipoglikemia. Saat kondisi ini terjadi, beberapa gejala yang akan muncul ialah tubuh yang lemas, berkeringat, sakit kepala, mual, dan denyut jantung meningkat.

Untuk terhindar dari kondisi hipoglikemia, berikut beberapa hal yang bisa membantu meningkatkan kadar gula darah Anda:

Gula atau permen

Memakan gula atau permen bisa menyediakan pasokan glukosa ke darah dengan cepat. Gula mudah dicerna oleh tubuh, sehingga akan sangat berguna untuk mengatasi hipoglikemia.

Madu

Madu dapat diandalkan saat Anda mengalami hipoglikemia. Madu memberikan pasokan glukosa yang cepat karena mudah dicerna dan diserap ke dalam darah. Makanlah satu sendok makan madu saat Anda merasakan gejala hipoglikemia.

YesDok Ads

Makan setiap beberapa jam sekali

Makan dengan frekuensi yang sering, akan mencegah Anda dari penurunan kadar gula darah yang terjadi secara tiba-tiba. Alih-alih makan besar pada waktu yang telah dijadwalkan dalam sehari, pecah saja makanan besar Anda menjadi porsi-porsi kecil. Anda bisa menikmatinya setiap beberapa jam sekali untuk menjaga kadar glukosa tetap stabil.

Sarapan kaya protein

Konsumsi makanan yang kaya protein adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi kadar gula darah yang rendah. Protein menyediakan suplai gula yang lambat dan berkelanjutan ke dalam darah sepanjang hari. Ini akan mencegah kadar glukosa darah Anda turun drastis. Anda dapat menikmati telur, susu, keju, daging, ayam, alpukat, dan kacang-kacangan, untuk mendapatkan asupan protein.

Tomat

Tomat juga menyediakan persediaan gula dan mencegah turunnya kadar gula darah. Makanlah empat hingga lima tomat setiap hari untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

(Foto: diatribe.org)

YesDok Ads