Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Mengonsumsi Oats Setiap Hari

March 09, 2020 | Helmi

oats

Orang yang mencoba menurunkan berat badan sering makan oatmeal sebagai bagian dari sarapan mereka. Ahli gizi juga turut merekomendasikan oatmeal sebagai menu sarapan pagi.

Oatmeal adalah makanan gandum utuh yang memberi Anda 13 gram protein dalam satu porsi kecil cangkir. Oatmeal juga memberi Anda hampir 100 persen asupan mangan harian yang direkomendasikan.

Oatmeal mengandung banyak antioksidan seperti vitamin E, selenium, asam fenolik dan asam fitat. Nutrisi lain yang disediakan oleh bantuan oatmeal harian termasuk vitamin B1, tembaga, biotin, magnesium, molibdenum, dan fosfor di antara banyak fitonutrien lainnya.

Oat dikemas dengan protein, penuh serat dan rendah lemak, mereka dirancang untuk meningkatkan tingkat energi Anda dan membantu Anda menjalani gaya hidup sehat. Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi oats yang bisa Anda petik.

Otot Anda Akan Memiliki Lebih Banyak Protein

Satu porsi, yaitu sekitar 8 sendok makan oatmeal, memberikan tubuh Anda 15 persen dari jumlah protein harian yang disarankan. Oatmeal juga mengandung vitamin E, antioksidan, dan glutamin, yang membantu regenerasi serat otot lebih cepat.

Satu cangkir oatmeal kering mengandung 3,4 mg zat besi dan 0,9 mg vitamin B3. Zat besi membantu mengangkut oksigen ke aliran darah dan ke otot. Kehadiran vitamin B membantu mengubah karbohidrat menjadi energi.

Tingkat Antioksidan yang Tinggi

Oat mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi yang membantu mengurangi gatal, peradangan, dan tekanan darah. Mereka juga mengandung beta-glukan, yang menurunkan kadar gula darah. Dan efeknya ditingkatkan dengan adanya vitamin C. Itulah sebabnya, banyak orang menggabungkan jus jeruk dengan oatmeal saat sarapan.

Tubuh Akan Penuh Energi 

Oatmeal kaya akan karbohidrat dan protein yang memberikan energi bagi tubuh. Mengkonsumsi makanan glisemik rendah, seperti oatmeal, tiga jam sebelum berlari atau berolahraga memberi Anda daya tahan yang lebih baik daripada makanan glisemik tinggi.

Oatmeal cenderung menyebabkan kenaikan lambat dalam kadar glikemik, yang ideal untuk meningkatkan pembakaran lemak selama berolahraga. Karbohidrat kompleks lambat dalam mencerna dan ini memberi otot Anda energi yang dibutuhkan sepanjang hari.

Membantu Menurunkan Berat Badan 

Konsumsi oatmeal harian membantu meningkatkan metabolisme, dan mempercepat penurunan berat badan. Memiliki semangkuk oatmeal untuk sarapan akan memungkinkan Anda untuk menahan diri dari asupan kalori berlebih selama tengah hari.

Karbohidrat kompleks yang terkandung di dalamnya, memungkinkan Anda untuk mengatur nafsu makan dan kecemasan serta mempertahankan kadar gula darah yang stabil. Nutrisi yang terkandung dalam gandum tidak hanya akan mempercepat metabolisme Anda, tetapi juga akan mencegah penumpukan lemak dan racun dalam tubuh.

Mengurangi Kolesterol

Oat mengandung serat yang disebut beta-glukan, yang membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh. Karena adanya asam linoleat dan serat larut dalam oatmeal, ini membantu dalam menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat dalam darah.

Nutrisi ini membersihkan sisa-sisa lemak dari dinding arteri dan mencegah penyumbatan arteri. Ini melindungi tubuh Anda dari perkembangan penyakit serius seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

(Foto: Baby Staples)

YesDok Ads