Ini Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi Setelah Bangun Pagi

October 07, 2021 | Helmi

kopi

Tidak sedikit dari Anda yang punya kebiasaan minum kopi selepas bangun pagi. Tapi ternyata, ada beberapa alasan yang mungkin membuat Anda ingin mulai menunda secangkir kopi pertama Anda di pagi hari.

Dengan menunda waktu minum kopi di pagi hari dapat membantu Anda memperpanjang efek menguntungkan dari kafein, sebagai dorongan untuk membuat Anda bangun dan bersemangat.

Ini semua tentang kortisol. Hormon stres yang secara alami dilepaskan oleh tubuh Anda setiap pagi, bersama dengan adrenalin. Hormon memberi Anda energi dan membuat Anda tetap berkonsentrasi dan waspada.

"Kortisol biasanya mulai meningkat sekitar jam 4 pagi, seperti halnya epinefrin (adrenalin), untuk membuat Anda siap untuk hari itu," kata ahli bedah kardiotoraks di Pusat Pengobatan Restoratif di Institut Jantung dan Paru Internasional Steven Gundry, MD. 

YesDok Ads

"Keduanya menyebabkan gula darah (glukosa) naik, jadi Anda punya banyak bahan bakar yang tersedia. Jika Anda menambahkan energi alami yang Anda dapatkan dari kafein, kedua stimulan tersebut sebenarnya dapat berbenturan dan membuat Anda merasa lebih gelisah dari biasanya,” sambungnya.

Pendekatan terbaik adalah beralih ke kafein ketika kadar kortisol Anda mulai turun, yang terjadi sekitar tiga hingga empat jam setelah bangun tidur.

Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan "peningkatan" energi ketika energi Anda secara alami mulai berkurang. Jika Anda masih merasa lesu, mungkin harus menunggu beberapa jam untuk secangkir kopi pertama Anda.

Kewaspadaan dan konsentrasi yang diturunkan dari kortisol cenderung memuncak 30 hingga 45 menit setelah bangun tidur. Oleh karena itu, menunggu sekitar satu jam akan memberi Anda "efek kafein yang sebenarnya".

YesDok Ads