Ini Tips Jaga Kulit Tetap Sehat dan Awet Muda

August 24, 2021 | Claudia

Kulit sehat

Banyak pakar kesehatan kulit mengatakan, salah satu cara terbaik untuk menjaga kulit tetap sehat adalah dengan melindunginya dari sinar matahari dan tidak merokok, kemudian setelah itu, membersihkan dan melembapkan kulit juga bisa membantu menjaga kulit tetap sehat dan awet muda.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda jalani, agar kulit tampak lebih sehat dan awet muda:

Lindungi dari matahari

Sebagian besar perubahan yang terlihat pada kulit yang menua sebenarnya disebabkan oleh paparan sinar matahari. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari sangat penting, terutama bagi Anda yang bekerja atau beraktivitas di luar ruangan. Agar kulit Anda lebih terlindungi dari matahari, maka ikuti tiga saran ini:

  • Hindari sinar matahari pada jam-jam dengan intensitas sinar UV yang tinggi.
  • Pakailah pakaian yang menutupi kulit dengan baik, seperti pakaian lengan panjang atau celana panjang.
  • Jangan lupa, pakai tabir surya!

Jangan merokok

YesDok Ads

Kebiasaan merokok sangat buruk untuk kulit, karena merokok bisa membuat kulit cepat menua. British Skin Foundation mengatakan bahwa merokok dapat mengurangi elastisitas alami kulit dengan mempromosikan pemecahan kolagen dan juga mengurangi jumlah kolagen yang diproduksi.

Selain merokok, minum alkohol sebaiknya juga dihindari jika Anda ingin kulit yang sehat dan tampak awet muda. Minum alkohol dapat membuat tubuh dan kulit dehidrasi, sehingga kulit tampak tua dan lelah. Jadi, jika Anda rutin minum alkohol, maka seimbangi dengan minum air putih yang cukup.

Bersihkan kulit dan pakai pelembap

Membersihkan kulit merupakan bagian penting dari perawatan kulit, karena ini bisa membantu menghilangkan kotoran dan bakteri. Jika bisa, gunakan air hangat untuk mencuci muka, alih-alih menggunakan air panas yang bisa membikin kulit semakin kering. Mandilah selama 15 menit atau bahkan kurang dari itu, untuk mencegah hilangnya minyak alami di kulit Anda.

(Foto: ultimaii.com)

YesDok Ads