Ini Tanda-Tanda Bipolar yang Harus Diperhatikan

March 21, 2023 | Claudia

Tanda Tanda Bipolar

Gangguan bipolar adalah masalah kesehatan mental di mana seseorang mengalami perubahan suasana hati yang sangat ekstrem. Ada dua fase yang biasa dialami oleh pengidap bipolar, yakni fase manik atau mania, dan fase depresi.

Sayangnya, orang-orang yang menderita gangguan bipolar kerap mengalami kesalahan diagnosis sebagai depresi klinis. Hal ini karena mereka biasanya baru mencari bantuan medis selama mereka mengalami fase depresi dari gangguan ini.

Tanda Tanda Bipolar

Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui tanda tanda bipolar, berikut beberapa di antaranya:

Merasa terlalu baik

Fase manik pada gangguan bipolar ditandai oleh kepercayaan diri yang ekstrem, peningkatan energi, dan perasaan euforia yang berlebih. Perasaan ini bisa membuat seseorang tidak menyadari detail kehidupan lainnya yang lebih penting.

Perubahan dalam siklus tidur

Euforia yang disebabkan oleh fase manik bertanggung jawab dalam mengganggu siklus tidur individu dengan gangguan bipolar. Hal ini karena mereka benar-benar tidak dapat mengurangi aktivitas otak sehingga akan sulit bagi mereka untuk tertidur. Namun pola ini akan dengan cepat bergeser ketika seseorang mengalami fase depresi, di mana mereka cenderung tidur lebih lama dari biasanya.

Dibanjiri dengan ide

Banyak masalah kesehatan mental yang memacu aktivitas otak dan pikiran secara berlebih. Misalnya pada penderita gangguan OCD, kecemasan, dan neurosis. Akan tetapi, perbedaan yang mencolok di antara masalah kesehatan mental ini terlihat selama fase manik dari gangguan bipolar. 

YesDok Ads

Selama fase manik, individu tidak menyadari bahwa terjadi peningkatan aktivitas otak dan pembentukan ide yang sudah tak normal lagi bagi mereka. Fase ini kerap disadari sebagai periode yang sangat produktif dalam hidup mereka.

Terlalu banyak bicara

Seseorang yang menderita gangguan bipolar akan sangat banyak berbicara pada fase manik. Bahkan, mereka dapat berbicara dengan sangat cepat, melompat dari satu ide ke ide lain, sehingga akan membuat lawan bicara atau pendengarnya kebingungan dengan apa yang mereka coba komunikasikan.

Sama halnya ketika terjadi gejala lainnya, penderita tidak menyadari bahwa ada suatu hal yang tidak normal terjadi dalam pembicaraan mereka.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: jedfoundation.org)

YesDok Ads