Ini Tanda-Tanda Anda Mengalami Gangguan Tiroid

February 19, 2022 | Claudia

Hipertiroidisme

Saat kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid terlalu banyak atau bahkan terlalu sedikit, maka ini merupakan tanda seseorang mengalami gangguan tiroid. Ada dua gangguan tiroid yang paling umum, yakni hipertiroidisme dan hipotiroidisme.

Kelenjar tiroid bertugas menghasilkan hormon yang disebut T4 (tiroksin) dan T3 (triiodotironin), dan satu lagi yang disebut kalsitonin, yakni hormon yang bertugas membantu dan mengatur simpanan kalsium di dalam tubuh.

Hormon-hormon ini berdampak pada proses metabolisme tubuh. Kelenjar pituitari atau organ kecil yang ditemukan di pangkal otak, melepas hormon stimulasi tiroid untuk mengatur produksi hormon tiroid.

Penyebab terjadinya hipotiroidisme sangat beragam, termasuk efek samping terapi, radioterapi, pembedahan, dan penyakit autoimun. Banyaknya hormon tiroksin yang diproduksi kelenjar tiroid dalam tubuh mengakibatkan hipertiroidisme. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai hal, seperti penyakit Graves, obat amiodarone, suplemen idoine, nodul tiroid, kanker tiroid, tiroiditis, kehamilan, atau tumor adenoma hipofisis.

Ada beberapa tanda atau gejala yang mengidentifikasikan Anda mengalami gangguan tiroid. Jika Anda kerap mengalami hal-hal ini, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri Anda ke dokter.

Konstipasi

Sering sembelit merupakan salah satu tanda gangguan tiroid. Hormon tiroid membantu menjaga pencernaan tetap berjalan lancar. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif dapat mengubah gerakan usus dengan memperlambat kerja saluran pencernaan sehingga menyebabkan sembelit.

Rambut rontok dan kulit kering

Rambut rontok, terutama di bagian alis menjadi salah satu tanda gangguan tiroid. Tiroid yang terlalu aktif atau bahkan kurang aktif dapat mengganggu siklus pertumbuhan rambut. Ketika hormon tiroid tidak seimbang, penipisan pada rambut sering terjadi.

YesDok Ads

Merasa sangat sedih dan depresi

Perasaan sangat sedih bahkan depresi bisa menjadi salah satu tanda gangguan tiroid. Banyak stimulasi otak terjadi saat kondisi ini, dan ini akan membuat Anda merasa sangat tidak nyaman sehingga muncul perasaan sedih bahkan depresi.

Berat badan naik mendadak

Tiroid yang kurang aktif juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara tiba-tiba. Ini karena kurangnya hormon tiroid dapat menurunkan metabolisme dan membakar lebih sedikit kalori.

Tidur terlalu sering

Sering kelelahan di siang hari bisa menjadi salah satu tanda tiroid yang kurang aktif. Ini terjadi ketika kelenjar tiroid tidak mampu menghasilkan hormon tiroid yang dibutuhkan tubuh untuk memberikan energi.

Kehilangan gairah seksual

Tiroid yang kurang aktif menyebabkan disfungsi seksual seperti tidak lagi bergairah terhadap seks. Dorongan seks rendah atau gairah yang menurun sering dialami oleh para wanita yang mengalami gangguan tiroid.

(Foto: tailormadehealth.com)

YesDok Ads