Ini Tanda Pencernaan Anda Tidak Sehat

January 28, 2021 | Claudia

Sakit perut

Banyak yang mengatakan kesehatan sistem pencernaan memainkan peran kunci dalam hal kesehatan secara keseluruhan, benarkah demikian? Sistem pencernaan manusia merupakan kumpulan organ yang bekerja untuk mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi, sehingga bisa menjalankan berbagai fungsi tubuh. 

Sistem pencernaan yang tidak sehat akan berdampak sangat besar terhadap berjalannya fungsi tubuh dengan baik. Tak heran jika banyak dikatakan bahwa sistem kekebalan tubuh berawal dari sistem pencernaan yang sehat. Anda harus sangat paham terhadap gejala-gejala atau tanda-tanda yang mengindikasikan suatu masalah pada sistem pencernaan Anda. Karena jika tidak segera ditangani, bisa-bisa masalah kesehatan serius mengintai Anda.

Berikut ini merupakan gejala atau tanda-tanda adanya masalah pada sistem pencernaan Anda:

Ketidaknyamanan di perut

Jika Anda terus-menerus mengalami ketidaknyamanan di daerah perut, meskipun hanya berupa rasa sakit yang ringan atau sensasi terbakar, ini bisa menjadi tanda-tanda awal dari sistem pencernaan yang tidak sehat.

Fluktuasi berat badan tidak menentu

YesDok Ads

Jika Anda tiba-tiba naik atau turun berat badan, tanpa alasan yang jelas, gangguan pencernaan bisa menjadi penyebab potensial dari kondisi ini.

Ruam kulit

Alergi kulit atau ruam kulit juga bisa menjadi salah satu gejala dari usus yang tidak sehat. Jika pertumbuhan bakteri sehat di usus berkurang, kadang ini bisa menimbulkan efek pada kulit Anda.

Irritable bowel syndrome

Irritable bowel syndrome atau IBS, juga merupakan salah satu tanda usus yang tidak sehat. IBS merupakan suatu kondisi di mana orang mengalami diare dan kembung secara terus menerus.

(Foto: thehealthyemployee.co.uk)

YesDok Ads