Ini Tanda Jahitan Caesar Anda Sudah Sembuh

April 20, 2019 | Aqiyu

Untuk melahirkan sang buah hati ke dunia, kini ibu dapat menentukan pilihan. Ada dua cara melahirkan yang bisa dilakukan yakni normal dan caesar. Biasanya lahiran caesar dilakukan pada ibu yang memiliki komplikasi sehingga harus diambil tindakan operasi.

Melahirkan secara caesar meninggalkan luka dan sakit yang lebih lama ketimbang melahirkan secara normal. Luka bekas jahitan akan terasa nyeri setelah melahirkan. Sehingga luka jahitan caesar harus mendapatkan perawatan yang baik agar cepat pulih. Luka jahitan bekas operasi sesar jika tidak dirawat dengan baik akan menimbulkan masalah seperti infeksi.

Pada umumnya luka jahitan bekas caesar ini memiliki panjang sekitar 10-15 cm dengan 0,3 cm. Luka jahitan ini akan menyusut sekitar enam minggu setelah melahirkan. Pada umumnya diperlukan waktu sekitar empat sampai enam minggu untuk penyembuhan luka. Sedangkan untuk sembuh total memerlukan waktu sekitar tiga bulan.

YesDok Ads

Dalam waktu tiga bulan tersebut luka bekas sesar akan sembuh total jika tidak terjadi komplikasi atau masalah lain. Lalu bagaimana tanda luka jahitan bekas caesar ini sembuh? Warna luka bekas operasi ini mulanya berwarna merah atau pink. Lama kelamaan warnanya akan mengikuti warna kulit dan hanya terlihat seperti garis samar. Ini adalah salah satu bahwa luka operasi mulai membaik.

Namun sebelum warna berubah seperti warna kulit semula, ada kalanya wanita yang telah menjalankan operasi caesar ini memiliki warna lebih gelap atau hitam pada bekas luka. Hal tersebut masih termasuk normal karena peradangan kulit dan proses alami penyembuhan luka. Luka jahitan yang menghitam ini pun akan berangsur-angsur menghilang. Selain itu, tanda lainnya adalah tidak terjadinya pendarahan pada vagina, luka tidak mengeluarkan darah, nanah dan tidak berbau.

Luka caesar juga membaik jika tidak ada rasa nyeri yang parah di sekitar bekas luka. Setelah melahirkan secara caesar sebaiknya Anda memeriksakan luka jahitan dan berkonsultasi pada dokter. Sehingga luka operasi tersebut mendapatkan penanganan yang tepat agar mempercepat proses pemulihan. (Foto: caesarean.co.uk)

YesDok Ads