Ini Tanda dan Penyebab Bau Pada Mulut

October 17, 2019 | Helmi

Bau mulut hampir bisa merusak banyak momen. Efek bau mulut bisa mengganggu orang-orang di sekitar Anda. Untungnya ada cara untuk menghindari bau mulut. Tetapi Anda harus tahu apa yang menyebabkannya.

Bau mulut biasanya terjadi ketika bakteri penghasil sulfur di permukaan lidah dan di tenggorokan menjadi aktif. Mereka melepaskan senyawa sulfur volatil (VSC) yang berbau, yang mengarah ke bau mulut yang tidak diinginkan, menurut Better Health Channel.

Orang-orang juga bisa mengalami bau mulut karena makanan yang dimakan dan masalah lainnya, seperti bawang merah dan bawang putih, kondisi gigi, mulut kering dan merokok. Ada kondisi medis yang juga bisa menyebabkan aroma tidak sedap, seperti sinusitis kronis dan gagal ginjal.

Cara terbaik untuk menghindari bau mulut termasuk kebersihan mulut yang baik dan tetap terhidrasi. Menyikat gigi, flossing, menggunakan obat kumur dan membersihkan lidah dengan lembut dapat membantu menghindari penumpukan bakteri di mulut Anda.

Lantas apa tandanya mulut Anda berbau?

Orang-orang biasanya memperhatikan bau mulut mereka ketika orang bereaksi di depan mereka atau seseorang memiliki keberanian untuk memberi tahu mereka. Tetapi ada perubahan yang bisa Anda periksa sendiri untuk mengetahui apakah Anda mengalaminya, seperti:

YesDok Ads

Mulut kering

Lapisan putih di lidah, biasanya di bagian belakangnya

Lidah terasa seperti terbakar

Air liur kental

Rasa asam yang konstan

YesDok Ads