Ini Solusi Atasi Jari Bengkak

March 27, 2022 | Claudia

Jari Bengkak

Bengkak bisa terjadi di mana saja, termasuk pada jari-jari kita. Bengkak pada jari bisa sangat mengganggu, sebab  tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling banyak bekerja. Sedikit saja gangguan di area tangan, ini bisa mengganggu kita melakukan aktivitas.

Bengkak di jari bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya gigitan serangga, retensi cairan, infeksi, asupan garam tinggi, paparan suhu ekstrem, terkilir, dan lain-lain.

Untuk mengatasi masalah jari bengkak, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti:

Olahraga jari

Jika jari-jari menjadi bengkak akibat sirkulasi darah yang buruk atau retensi cairan, berolahraga merupakan pilihan terbaik untuk mengurangi pembengkakan. Caranya cukup kaitkan jari-jari Anda hingga membentuk kepalan dan tahan selama 1 menit. Secara perlahan, buka jari-jari Anda dan renggangkan. Lakukan hal ini selama beberapa kali dalam sehari.

Minyak hangat

YesDok Ads

Sebuah pijatan dengan menggunakan minyak hangat akan mengurangi pembengkakan pada jari. Pijatan dan minyak hangat ini akan merelaksasi otot-otot yang sakit dan memperbaiki sirkulasi darah.

Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kandungan ini dapat membantu menyembuhkan jari yang bengkak.

Campurkan setengah sendok teh bubuk kunyit dengan 1 sendok teh minyak zaitun. Oleskan pada jari-jari yang bengkak. Biarkan hingga kering dan bilas dengan air hangat.

(Foto: verywellhealth.com)

YesDok Ads