Diet
+1

Ini Sayuran Terbaik untuk Ginjal Anda

January 31, 2020 | Claudia

Kubis

Menjaga kesehatan merupakan kewajiban yang harus dijalani oleh semua orang. Salah satu cara terbaik untuk dapat menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh adalah dengan konsumsi makanan dan minuman yang mengandung nutrisi penting. Konsumsi makanan dan minuman yang tinggi nutrisi, dapat sangat baik untuk kesehatan organ tubuh, sekaligus mengoptimalkan fungsinya. Ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh. Setiap harinya, ginjal bertugas menyaring dan membuang racun dan kotoran dari darah, juga mengatur kadar cairan dalam tubuh. Jika kesehatan ginjal tidak dijaga dengan baik, maka akan terjadi akumulasi kotoran dan racun dalam tubuh, sehingga menyebabkan banyak penyakit.

Mengingat fungsi ginjal yang sangat penting, maka kita harus senantiasa menjaga kesehatan ginjal. Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan fungsi ginjal tetap maksimal adalah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi nutrisi. Sayuran, bisa menjadi pilihan terbaik Anda untuk mendapatkan ginjal yang sehat.

Lalu, sayuran apa saja yang sebaiknya Anda konsumsi untuk kebaikan ginjal Anda?

Bayam

Bayam memang menjadi salah satu jenis sayuran yang sangat terkenal akan manfaat kesehatannya. Kandungan nutrisi yang tinggi dalam bayam, membuatnya sangat baik untuk kesehatan tubuh khususnya ginjal. Vitamin A yang tinggi dalam bayam, sangat diperlukan untuk memproduksi jaringan epitel yang sehat, yang dapat melapisi tabung penyaring kecil dalam ginjal dan saluran kemih. Sementara kandungan beta-karoten dalam bayam, juga sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menyehatkan mata Anda.

Paprika merah

Rendahnya kandungan potasium dalam paprika merah, justru membuatnya menjadi sayuran yang baik untuk ginjal Anda. Ini karena kadar potasium yang tinggi dalam darah, akan memberatkan kerja ginjal. Ini dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis yang tidak Anda harapkan. Selain itu, paprika juga mengandung sejumlah antioksidan yang kuat seperti vitamin A, C, dan B6 juga nutrisi lain seperti serat dan asam folat. Semua ini bekerja dengan sangat baik untuk kesehatan ginjal Anda, jika dikonsumsi secara rutin. 

YesDok Ads

Bawang putih

Jika selama ini Anda hanya mengenal bawang putih sebagai salah satu bumbu penyedap makanan, maka Anda keliru. Tahukah Anda bahwa bawang putih memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan ginjal Anda?

Bawang putih memiliki sifat diuretik yang dapat membantu menghilangkan natrium dan kelebihan air dari tubuh dengan memaksa ginjal membuang natrium melalui urine. Tak hanya itu, bumbu dapur ini juga dapat bekerja dengan baik untuk melindungi ginjal dari efek berbahaya yang disebabkan oleh logam berat seperti timah.

Kubis

Kubis atau kol juga menjadi salah satu sayuran yang ramah untuk organ ginjal Anda. Ini karena kubis bebas kandungan potasium, yang tak hanya bermanfaat untuk ginjal tapi juga untuk organ hati Anda. Kubis juga mengandung sejumlah nutrisi lain seperti vitamin B6, C, dan K, serat, dan asam folat yang membuatnya menjadi salah satu sayuran terbaik untuk ginjal. Tinggi akan kandungan fitokimia, kubis juga dapat sangat baik untuk membantu tubuh memerangi radikal bebas yang menjadi penyebab dari sejumlah penyakit kronis.

(Foto: thespruceeats.com)

YesDok Ads