0 Point
obesity women

Ini Risiko Kesehatan pada Wanita yang Mengalami Obesitas

Kelebihan berat badan memiliki dampak negatif pada hampir setiap aspek kesehatan dan pada wanita. Hal ini dapat mempengaruhi fungsi reproduksi dan paru-paru untuk kognisi dan suasana hati. 

Dr. Manjunath Malige, Chief Endocrinologist and Diabetologist, Aster RV Hospital, membagikan sejumlah risiko kesehatan yang dialami wanita jika mengalami obesitas.

Obesitas pada wanita meningkatkan risiko sejumlah penyakit parah dan fatal, termasuk diabetes, penyakit jantung, kanker payudara, masalah kehamilan dan beberapa masalah kesehatan lainnya. 

Obesitas mengurangi kualitas dan umur sekaligus meningkatkan biaya perawatan kesehatan. Sel-sel lemak, terutama yang dekat pinggang, menghasilkan hormon dan senyawa lain yang menyebabkan peradangan. 

Meskipun peradangan merupakan komponen penting dari sistem kekebalan dan bagian dari proses penyembuhan, peradangan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 

Peradangan dapat membuat tubuh kurang menerima insulin dan mengubah bagaimana lemak dan karbohidrat dimetabolisme, mengakibatkan peningkatan kadar gula darah dan, akhirnya, diabetes dan berbagai masalah. 

Obesitas meningkatkan risiko berbagai keganasan pada wanita, termasuk kanker payudara pasca menopause dan kanker endometrium, serta komplikasi kehamilan seperti diabetes gestasional, preeklamsia, atau pembekuan darah.

Sementara bagi wanita obesitas yang hamil, risiko besar membutuhkan operasi caesar (C-section) saat lahiran, pendarahan yang lebih berat dari biasanya setelah melahirkan, kelahiran prematur, keguguran, lahir mati, serta cacat otak dan sumsum tulang belakang.

Faktor Penyebab Obesitas

Obesitas umumnya disebabkan oleh hal-hal berikut: genetika, usia, perubahan hormonal, dan kehamilan, karena berat badan yang terakumulasi selama kehamilan sulit untuk dihilangkan. 

Ada banyak penyebab terjadinya obesitas. Mulai dari sindrom Prader-Willi adalah penyakit langka yang menyebabkan nafsu makan meningkat selama kelahiran. Sementara sindrom Cushing ditandai dengan kadar kortisol yang berlebihan (hormon stres dalam sistem Anda) dikombinasikan dengan hipotiroidisme (tiroid kurang aktif), penyakit di mana kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup beberapa hormon kunci. 

Kemudian ada juga Osteoarthritis (OA) dan gangguan lain yang menyebabkan ketidaknyamanan dan dapat membatasi olahraga.

Mempertahankan berat badan yang sehat dapat membantu Anda menghindari berbagai konsekuensi seperti diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi. 

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk program meningkatkan aktivitas fisik, makan makanan yang sehat dan menemui terapis karena obesitas dapat berdampak pada kesehatan fisik dan emosional Anda.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok