Diet
+1

Ini Perbedaan Pola Makan Plant Based dan Vegan, Mana yang Lebih Sehat?

July 06, 2022 | Helmi

vegan

Apakah pola makan plant based sama dengan pola makan vegan? Keduanya merupakan pola makan yang berbeda. Tetapi apa saja perbedaan vegan dan plant based.

Pola makan vegan menghilangkan semua produk hewani, sedangkan pola makan plant based tidak selalu menghilangkan produk hewani, tetapi fokus pada makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Apa itu pola makan vegan?

“Dengan pola makan vegan, Anda menghilangkan semua produk hewani, termasuk susu, daging, unggas, ikan, telur, dan madu,” kata Christine Kirlew, M.D., seorang dokter penyakit dalam di Piedmont.

Beberapa orang memilih untuk mengikuti pola makan vegan karena alasan etika, lingkungan, atau kesehatan. Meskipun menjadi vegan dapat memiliki manfaat kesehatan, ada beberapa hal yang juga harus dihindari.

“Hanya karena sesuatu itu vegan tidak berarti itu sehat,” katanya. “Jika Anda seorang vegan, secara teknis Anda masih bisa makan kue vegan, keripik kentang, dan makanan cepat saji vegan lainnya, yang bisa tinggi kalori dan rendah nutrisi. Saya merekomendasikan untuk tetap berpegang pada makanan utuh sebanyak mungkin. ”

Apa itu pola makan plant based?

“Dengan pola makan plant based, Anda dapat memutuskan apakah Anda ingin mengonsumsi produk hewani atau tidak, dan fokusnya adalah mengkonsumsi sebagian besar makanan yang berasal dari sumber nabati,” kata Dr. Kirlew.

Pola makan plant based juga menekankan pada konsumsi makanan utuh, yang berarti makanan tersebut telah mengalami sedikit – jika ada – pemrosesan dan sedekat mungkin dengan keadaan alaminya.

Makanan nabati meliputi: sayuran, buah-buahan dan biji-bijian utuh (quinoa, farro, barley, oatmeal), minyak nabati (alpukat, zaitun, kanola), kacang-kacangan dan biji-bijian.

YesDok Ads

Pola Makan Plant Based atau Vegan yang Lebih Sehat?

Menurut Dr. Kirlew, jika Anda makan banyak sayuran, buah-buahan, lemak sehat dan biji-bijian, Anda tetap harus mendapatkan banyak vitamin dan mineral harian Anda karena makanan nabati kaya akan banyak nutrisi.

“Jika Anda akan mengikuti pola makan vegan atau plant based, pikirkan baik-baik dan rencanakan makanan Anda,” kata Dr. Kirlew. “Anda tidak harus menjadi vegan untuk menjadi sehat, plant based adalah pilihan yang baik bagi orang-orang yang berjuang dengan konsistensi dan perencanaan. Jika Anda akan berkomitmen pada pola makan vegan, buatlah rencana dan konsisten dalam memasukkan semua kelompok makanan sehat, termasuk protein nabati, sehingga Anda tidak kehilangan nutrisi.”

“Adalah ide yang baik untuk menemui dokter Anda untuk mendapatkan kerangka dasar tentang seperti apa pola makan sehat untuk Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya, yang dapat memengaruhi cara tubuh Anda memproses nutrisi,” kata Dr. Kirlew. 

“Misalnya, jika Anda menderita diabetes dan ingin makan sehat, Anda belum tentu ingin makan banyak buah,” tambahnya.

Jika Anda seorang vegan, vegetarian atau tidak makan banyak produk hewani, dia merekomendasikan meminta dokter Anda untuk memeriksa kadar vitamin B Anda.

“Kekurangan B12 umum terjadi pada vegan karena itu adalah nutrisi yang sebagian besar ditemukan dalam produk hewani,” jelasnya. “Jika Anda tidak mengonsumsi banyak produk hewani, bicarakan dengan dokter Anda tentang mengonsumsi suplemen.”

Kalsium adalah nutrisi penting lainnya yang sulit didapat jika Anda tidak mengonsumsi produk susu. Dr. Kirlew merekomendasikan untuk mencoba susu nabati yang diperkaya kalsium (seperti susu almond) atau makanan lain yang diperkaya kalsium.

“Cobalah untuk mendapatkan setidaknya beberapa kalsium dari makanan Anda karena terlalu banyak mengonsumsi suplemen kalsium dapat menyebabkan efek samping yang merugikan,” pungkasnya.

YesDok Ads