Ini Penyebab Ruam Kemerahan di Kulit!

October 02, 2019 | Claudia

Kulit kita kerap mengalami sejumlah masalah, salah satunya ialah muncul ruam kemerahan. Kulit yang kemerahan terjadi karena sejumlah alasan, beberapa di antaranya merupakan kondisi yang serius dan harus mendapat perawatan medis.

Bagi Anda yang kerap mengalami ruam kemerahan, ada baiknya untuk mengetahui apa saja penyebab kulit Anda mengalami kondisi ini:

Terbakar sinar ultraviolet

Kulit Anda bisa terbakar jika terlalu lama terpapar sinar matahari tanpa menggunakan pelindung apapun seperti tabir surya. Saat kulit Anda terbakar, ada lebih banyak darah yang mengalir ke area kulit ini guna memperbaiki kerusakan. Ini bisa disertai rasa sakit atau gatal, oleh karena itu pastikan Anda memakai tabir surya setiap kali hendak keluar ruangan.

Beberapa gejala lain saat kulit terbakar sinar matahari:

  • Gatal
  • Kulit melepuh
  • Kulit mengelupas

Lupus

Jika sistem kekebalan tubuh seharusnya memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari penyakit, lupus merupakan satu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh justru berbalik menyerang organ dan jaringan tubuh.

Lupus bisa memengaruhi berbagai bagian tubuh, termasuk kulit. Beberapa orang yang mengalami lupus biasanya mengembangkan ruam di wajah, leher dan kulit kepala. Ruam ini biasanya berbentuk seperti kupu-kupu dan memerah, dan kulit bisa menjadi bengkak.

Ruam panas

Saat kulit mengalami iritasi akibat kondisi panas atau lembap, ruam panas bisa muncul di kulit. Beberapa gejala saat Anda mengalami ruam panas adalah bercak merah, gatal pada kulit disertai dengan bentol-bentol kecil dan timbul jerawat. Bercak-bercak ini bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman, dan menyebabkan sensasi yang menusuk dan menyengat.

Ruam panas biasanya muncul pada daerah-daerah lipatan kulit dan daerah-daerah di mana sering terjadi pergesekan antar kulit, seperti selangkangan atau lipatan siku.

Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi kelebihan produksi sel-sel kulit baru, sehingga menghasilkan bercak-bercak merah, kering dan berkerak. Psoriasis umumnya muncul di daerah kulit kepala, siku, atau lutut, namun bercak-bercak ini juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya.

(Foto: marieclaire.com)

YesDok Ads