Ini Penyebab Payudara Terasa Sakit

November 14, 2021 | Aqiyu

Sakit payudara

Payudara merupakan organ penting pada wanita. Payudara kerap kali terasa nyeri serta sakit dan salah satu keluhan paling banyak yang dirasakan wanita pada semua umur. Penyebabnya sangat beragam, namun sakit pada payudara tidak melulu akibat penyakit serius yang mematikan.

Payudara nyeri biasanya disebut mastalgia. Mastalgia adalah rasa tidak nyaman, sensitif atau sakit pada bagian dada maupun sekitar ketiak. Sakit pada payudara ini bisa terjadi pada satu atau kedua payudara. Nyeri pada payudara dapat disebabkan oleh hal-hal diluar penyakit mendasari. Adapun penyebab payudara terasa sakit sebagai berikut:

Ukuran payudara yang terlalu besar

Bagi beberapa orang, memiliki ukuran payudara yang besar dapat meningkatkan kepercayaan diri. Namun ukuran payudara yang terlalu bisa menyebabkan rasa nyeri serta sakit pada punggung, leher dan bahu. Bagi yang tidak nyaman dengan kondisi ini, tindakan operasi untuk mengecilkan payudara biasanya akan dilakukan.

Infeksi payudara

Infeksi payudara paling umum terjadi pada yakni mastitis. Mastitis merupakan penyumbatan pada saluran air susu pada ibu menyusui. Namun mastitis juga bisa menimpa wanita yang tidak menyusui. Pada kasus ini, infeksi disebabkan oleh kuman atau bakteri yang masuk ke payudara melalui luka dan terkena kuman yang bisa terbawa oleh baju kotor.

Kebiasaan merokok

Payudara sakit dan nyeri bisa dialami oleh wanita yang memiliki kebiasaan merokok. Hal ini dikarenakan kebiasaan merokok dapat meningkatkan kadar epinefrin atau dikenal juga dengan hormon adrenalin dalam tubuh. Sehingga bisa memicu nyeri di payudara. 

YesDok Ads

Trauma di area payudara

Nyeri pada payudara bisa disebabkan trauma. Nyeri ini bisa karena tertariknya otot disekitar payudara saat mengangkat beban atau senam. Untuk itu, sebaiknya bagi wanita yang senang melakukan aktivitas fisik dan berolahraga memerhatikan kondisi tubuh dan durasi. Jangan memaksakan jika kondisi tubuh tidak menyanggupinya karena akan berdampak pada kesehatan lainnya.

Siklus menstruasi

Bukan hanya area pinggang yang terasa nyeri, payudara juga terasa nyeri saat siklus menstruasi. Hal ini berkaitan dengan perubahan hormonal yang terjadi sepanjang siklus haid. Jadi, jika payudara terasa sakit saat menstruasi itu adalah wajar. Namun jika sakit terjadi terus menerus sebaiknya periksakan kondisi tersebut.

Kista payudara

Nyeri payudara bisa disebabkan oleh penyakit serius adalah kista. Kista payudara merupakan kantong berisi cairan pada payudara biasanya nonkanker.

(Foto: tech explorist)

YesDok Ads