Ini Penyebab dan Cara Mencegah Sakit Kepala Saat Haid

January 24, 2023 | Claudia

Sakit Kepala Saat Haid

Setiap bulannya, wanita kerap mengalami sejumlah masalah saat menstruasi atau haid datang, salah satunya adalah sakit kepala saat haid. Sakit kepala merupakan salah satu gejala yang umum, terutama di hari pertama haid. Sakit kepala ini disebabkan oleh perubahan hormon pada wanita.

Hormon estrogen yang bertugas mengaktifkan bagian otak yang mengatur rasa sakit, turun secara drastis selama Pre-Menstrual Syndrome (PMS) dan ketika haid berlangsung, sehingga menimbulkan sakit kepala atau yang biasa disebut sebagai menstrual migraine. 

Penelitian menunjukkan bahwa risiko sakit kepala meningkat selama 25 persen pada lima hari sebelum hari pertama menstruasi, kemudian risiko ini kembali meningkat menjadi 71 persen dalam dua hari sebelum hari pertama menstruasi dimulai. Risiko sakit kepala tertinggi terjadi pada hari pertama dan hari kedua menstruasi.

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sakit kepala saat haid. Misalnya dengan meletakkan es batu yang dibalut dengan handuk pada kepala Anda yang terasa sakit.

Terapi akupunktur juga bisa Anda jalani untuk mencegah sakit kepala saat haid, selain itu, terapi ini juga akan membantu Anda menjadi lebih relaks. Perhatikan juga siklus haid Anda, jika siklus haid teratur, Anda bisa mencegah sakit kepala saat haid dengan obat-obatan pereda rasa nyeri. 

YesDok Ads

Namun jika siklus haid Anda tidak teratur, maka penanganan untuk sakit kepala saat haid bisa dilakukan seperti pada saat menangani sakit kepala atau migrain pada umumnya.

Menjalani gaya hidup yang sehat dan teratur serta tak melewati waktu makan juga penting untuk dilakukan. Konsumsilah berbagai makanan yang bergizi tinggi, juga dapatkan waktu tidur yang berkualitas, tak lupa untuk rutin berolahraga dan pintar-pintarlah dalam mengelola stres. 

Jika semua ini dijalani dengan baik, maka hasilnya akan bermanfaat dalam menurunkan frekuensi, durasi, dan intensitas sakit kepala saat haid.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: hunimed.eu)

YesDok Ads