0 Point
Memijat Bayi

Ini Pengobatan Rumahan Jika Bayi Anda Sembelit

Bayi mungkin tidak buang air besar sesering orang dewasa. Akan tetapi, orang tua tetap harus waspada dengan kemungkinan sembelit yang menimpa bayinya. Jika bayi mengalami sembelit atau konstipasi, dokter anak merekomendasikan untuk pemberian pengobatan alami sebagai pertolongan pertama.

Berikut ini beberapa pengobatan rumahan yang bisa membantu bayi yang terserang sembelit:

Olahraga ringan

Seperti halnya orang dewasa, olahraga dan gerakan cenderung bisa merangsang usus bayi. Namun, karena bayi mungkin belum bisa berjalan atau bahkan merangkak, orang tua bisa membantu menggerak-gerakkan kaki mereka untuk “berolahraga” sehingga bayi bisa terhindar dari sembelit.

Saat bayi berbaring telentang, cobalah gerakkan kaki bayi seolah sedang mengayuh sepeda. Melakukan hal ini dapat membantu merangsang fungsi usus dan meredakan sembelit.

Mandi air hangat

Memberi bayi mandi air hangat dapat membantu mengendurkan otot perut mereka, dan membantu mereka berhenti mengejan. Mandi air hangat juga dapat meringankan beberapa ketidaknyamanan yang berhubungan dengan sembelit.

Hidrasi

Bayi biasanya tidak membutuhkan cairan tambahan karena mereka bisa mendapatkannya dari ASI atau susu formula. Namun, bayi yang mengalami sembelit mungkin perlu cairan ekstra. Memberi bayi yang sudah berusia di atas 2-4 bulan sedikit air atau jus buah, bisa membantu meredakan sembelit yang dialaminya.

Pijat

Ada beberapa cara memijat perut bayi untuk membantu meredakan sembelit, yakni:

  • Menggunakan ujung jari Anda untuk membuat gerakan melingkar pada perut bayi dengan pola searah jarum jam.
  • Menjalankan jari di sekitar pusar dengan pola searah jarum jam.
  • Pegang lutut dan kaki bayi, lalu dengan lembut dorong ke arah perut bayi.
  • Belai bayi dari tulang rusuk ke arah bawah melewati pusar dengan ujung jari secara lembut.

(Foto: colicsos.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok