Ini Olahraga Terbaik untuk Penderita Diabetes

February 02, 2021 | Claudia

Bersepeda

Aktivitas fisik merupakan kunci utama dari mencegah dan mengelola diabetes. Banyak penelitian telah menyebutkan pentingnya latihan fisik harian untuk penderita diabetes. Latihan fisik atau olahraga tak hanya baik untuk menstabilkan kadar gula darah, namun juga mengontrol kadar kolesterol dan mencegah komplikasi diabetes seperti hipertensi atau penyakit kardiovaskular.

Olahraga tak hanya membantu penurunan berat badan untuk pasien diabetes, namun juga menjaga fungsi organ tetap prima, seperti ginjal, hati, dan jantung, yang merupakan organ paling berisiko tinggi terdampak hiperglikemia.

Lalu, apa saja olahraga yang tepat untuk penderita diabetes?

Berenang

Sebuah penelitian mengatakan bahwa berenang dapat membantu meningkatkan fungsi tubuh dalam penyerapan glukosa secara efektif. Penelitian ini juga menyebutkan bahwa resistensi insulin dipicu oleh kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi lemak, dapat diatasi dengan 8 minggu rutin berenang.

YesDok Ads

Menari

Menurut sebuah studi, menari dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan aktivitas fisik dan mengontrol kadar gula darah. Menari merupakan salah satu aktivitas fisik menyenangkan yang dapat meningkatkan emosi positif dan membantu penderita diabetes meningkatkan interaksi sosial dengan orang lain sehingga dapat berbagi pengalaman dan mencegahnya dari stres. Tak hanya itu, lagu yang digunakan untuk menari juga memiliki efek bermanfaat untuk fungsi kognitif penderita diabetes. Zumba, aerobik, atau dansa latin merupakan pilihan olahraga menari yang baik untuk penderita diabetes.

Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu bentuk latihan aerobik yang dapat memberikan efek signifikan untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi sekaligus membakar lemak dan mengontrol tekanan darah. Bersepeda disebut-sebut sebagai latihan fisik terbaik untuk penderita diabetes di bawah 40 tahun. Bersepeda juga menjadi langkah yang baik untuk mencegah diabetes.

(Foto: diabetes.co.uk)

YesDok Ads