Ini Manfaat Rutin Yoga 15 Menit Sehari

December 10, 2021 | Claudia

Yoga

Apakah Anda suka melakukan yoga? Yoga sangat bermanfaat, baik untuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Tak perlu berjam-jam melakukan yoga untuk merasakan manfaatnya, bahkan, dengan 15 menit latihan yoga rutin setiap hari saja sudah bisa membantu Anda mendapat manfaat ini.

Berikut ini merupakan manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda rutin melakukan yoga 15 menit setiap harinya:

Meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas

Peningkatan fleksibilitas tubuh merupakan salah satu manfaat yoga. Bagi Anda yang memiliki tubuh kaku, atau punya masalah dengan tulang belakang, maka yoga bisa menjadi latihan yang tepat.

Membangun kekuatan tubuh

Mengangkat beban bukan satu-satunya cara untuk membangun otot. Latihan yoga rutin pun bisa membantu Anda meningkatkan kekuatan otot.

Memperbaiki postur tubuh

YesDok Ads

Melakukan latihan yoga harian dapat membantu memperbaiki postur tubuh Anda. Ini sangat baik, terutama bagi Anda yang memiliki masalah dengan tulang belakang. Namun sangat disarankan untuk mengonsultasikannya pada dokter terlebih dahulu sebelum Anda memulai latihan yoga.

Menyehatkan jantung

Studi menunjukkan bahwa meluangkan waktu untuk berlatih yoga, dapat mengurangi kadar kolesterol dan memperlambat perkembangan penyakit jantung, bila dikombinasikan dengan perubahan pola makan yang sehat dan manajemen stres yang baik. Tak hanya itu, rutin melakukan latihan yoga juga bisa meningkatkan sirkulasi darah Anda.

Mengurangi stres

Yoga menjadi salah satu cara terbaik untuk menghilangkan stres. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang berlatih yoga secara teratur memiliki kadar kortisol yang rendah.

(Foto: newyorker.com)

YesDok Ads